SUARA

16 Desa akan Pilkades di Buteng, Rencananya Akhir 2020

SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH – Pemilihan kepala desa di Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara direncanakan berlangsung antara Oktober atau November 2020.

Pilkades di Buteng bakal digelar di 16 desa dari tujuh kecamatan di kabupaten setempat. Wilayah tersebut, yakni Desa Talaga Besar dan Desa Talaga Dua (Kecamatan Talaga Raya); Desa Wasilomata 2 dan Desa Daihango (Kecamatan Mawasangka); Desa Lanto (Kecamatan Mawasangka Tengah), Desa Lagili, Bonemarambe, Inulu, Lasori, dan Desa Bonemarambe (Kecamatan Mawasangka Timur); Desa Rahia, Waliko, Walando, Wakea-kea, dan Desa Wadiabero (Kecamatan Gu); Desa Mone (Kecamatan Lakudo); serta Desa Tolandona Matanaeyo (Kecamatan Sangia Wambulu).

Kadis DPMD Buteng, Armin, mengatakan penjadwalan pilkades belum dirampungkan secara jelas dikarenakan masih menunggu kesepakatan dari bupati.

“Kalau jadwal sesuai Perda itu bulan 10 (Oktober) atau 11 (November) tahun ini, hanya kita juga masih tunggu SK dari pak bupati, kalau bupati sudah tetapkan bisa kita mulai,” ucapnya, Selasa (30/6/2020).

yamaha

Menurut Armin, permasalahan pilkades di periode-periode sebelumnya, yakni syarat bakal calon kades dan data pemilih. Hal ini akan dibenahi agar tidak menjadi hambatan pada pemilihan tahun ini.

Pihaknya juga akan mulai berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Buteng serta pihak-pihak terkait guna menanggulangi persoalan tersebut.

“Selama ini kan yang jadi polemik itu tentang syarat bakal calon kepala desa dengan data pemilihnya di tiap desa, makanya tahun ini kita harus benahi betul-betul,” jelasnya. (C)

Laporan: Agusrianto
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.