1.723 Calon Maba Ikut SBMPTN di USN Kolaka

SULTRAKINI.COM : KOLAKA – Sebanyak 1.723 calon mahasiswa baru mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Sembilanbelas November Kolaka. Hal itu diungkapkan oleh Rektor USN Kolaka, Dr. Azhari usai melakukan monitoring pelaksanaan SNMPTN di kampus USN Kolaka (16/05/2017).

“Ada 1.723 orang yang mendaftar melalui USN, dan sebelumnya ada 380 sudah mengikuti melalui SNMPTN, dan yang SBMPTN hari ini mereka ujian ada di beberapa ruangan di USN dan ada diluar seperti di SMKN, dan pelaksanaanya dituntaskan hari ini,” papar Azhari.

Lanjut Rektor, dalam pelaksanaan SBMPTN tersebut, selain ujian tertulis atau PBT (paper Based Test) ada juga calon mahasiswa mengikuti seleksi melalui sistem CBT (Computer Basic Tes) di kampus USN.

“Ada 59 orang yang mengikuti CBT dan selebihnya mengikuti PBT, yang mengikuti CBT ini mereka sendiri yang tentukan saat mendaftar, dan di USN kita mendapat kuota 80 untuk sistem CBT dari 30.000 kuota CBT seluruh Indoensia,” ujarnya.

Rektor juga mengungkapkan, tahun ini USN menyiapkan sekitar 1.500 kuota untuk mahasiswa baru, sehingga menurutnya dari jumlah pendaftar SBMPTN paling tidak ada separuhnya bisa lulus dan ditampung di USN. “Kita targetnya ada 1500, sehingga paling sedikit dari 1700an itu seperduanya biasa diterima di USN, dan sisanya bisa kita genapi dari jalur Mandiri nanti,” ungkapnya.

Dibanding tahun lalu, kata Rektor, jumlah pendaftar dan peminat di USN Kolaka memang mengalami peningkatan yang cukup significant. “Dibanding tahun lalu lebih baik peningkatan, kalau dulu pendaftar hanya dari 9 propinsi, sekarang sudah lebih 23 propinisi, kelihatannya hampir semua propinsi, kalau dulu juga pendaftar kurang dari 1000 orang, peningkatanya lebih 50 persen lebih,” ungkap rektor.

Rektor juga mengatakan, tahun ini peminat untuk USN memang mengalami peningkatan yang cukup tinggi dikarenakan sosialisasi dan sudah dikenalnya USN di seluruh Indonesia. “sebelumnya memang kita kurang peminta, seiring dengan perjalan waktu dan sosialisasi dan sudah dikenal, makanya tahun ini kita cukup banyak peminat,” ujarnya.

Selain itu dia memaparkan adapun program studi yang menjadi paporit dan paling banyak diminati adalah Fakulatas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Sistem Informatika, dan Teknik Tambang. 

Laporan: Suparman Sultan/Mirwan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.