18.200 Warga Buteng Belum Ber KTP-el

  • Bagikan
Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Buton Tengah, La Saini. (Foto: Ali Tidar/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH – 18.200 warga Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara belum berkartu tanda penduduk elektronik, Jumat (15/9/2017). Jumlah ini diketahui, usai pendistribusian delapan ribu blangko KTP-el yang menyisahkan 500 blangko belum tercetak sejak April hingga sekarang.

Total penduduk Buteng sebanyak 72.940 jiwa, artinya ada 54.740 jiwa diantaranya telah ber KTP-el.

Dijelaskan Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Buteng, La Saini, diantara mereka yang belum ber KTP-el Buteng, masih memegang kartu dari kabupaten induk, yakni Kabupaten Buton. “Sehingga kemarin ada tambahan KTP-el dari Mendagri sebanyak seribu keping untuk melayani pergantian tersebut,” jelas La Saini, Jumat (15/9/2017).

Namun, sebelum menggunakan tambahan seribu keping tersebut kata dia, harus ada laporan pertanggungjawaban terlebih dahulu dari delapan ribu keping yang sudah terdistribusi secara keseluruhan. Sehingga penggunan tambahan blangko masih disimpan oleh Disdukcapil Buteng, hingga jumlah distribusi sebelumnya habis digunakan sebagaimana mestinya.

Ditergetkan pelayanan maksimal dilakukan pihaknya dalam melayani pergantian alamat KTP-el maupun pembuatan baru KTP-el pada September atau Oktober 2017. Diperkirakan pembuatan baru KTP-el di daerah ini, menghabiskan waktu seminggu.

“Dukcapil Buteng sudah bisa melayani perpindahan alamat KTPel yang dari kabupaten Buton menjadi kabupaten Buteng sembari menunggu pemenang tender untuk pendistribusian sesuai kebutuhan Buteng,” terang La Saini.

Laporan: Ali Tidar

  • Bagikan