Iklan Clarion
Festival Pesona Budaya Tua Buton

19 Siswa SMK Insan Ukwan Lakukan PBL

SULTRAKINI.COM:BUTON – Sebanyak 19 orang siswa siswi Kelas VII dan VIII Sekolah Menegah kejuruan (SMK) Insan Ukwan, Jurusan Keperawatan melaksanakan kegiatan praktek belajar lapangan (PBL) di RSUD dan Puskesmas.

 

Kepala SMK Insan Ukwan, La Ode Syawaludin, kepada media ini, Jumat (13/5/2016), mengatakan, pelaksanaan PBL dilaksanakan di dua tempat yaitu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Buton sebanyak 13 orang dan di Puskesmas Siotapina 6 orang.

 

Kegiatan tersebut lanjut Syawal, akan dilaksanakan selama kurang lebih 1 bulan sejak Senin (9/5/2016) yang bertujuan untuk memantapkan teori yang diperoleh siswa dibangku sekolah dalam bentuk praktek lapangan sehingga siswa tidak hanya mendapatkan teori disekolah tetapi mampu dipraktekan dilapangan.

 

\”Mudah-mudahan dengan kegiatan praktek lapangan ini, mereka dapat ilmu pengetahuan yang lebih sesuai dengan jurusan mereka, dan nantinya bisa menjadi calon asisten dan perawat yang handal, dan saya ucapkan juga terimakasih kepada pihak RSUD dan Puskesmas yang mau menerima siswa siswi kami untuk melaksanakan PBL,\” kata Syawal.

 

Pada kesempatan yang sama, Ketua Posko yang melakukan PBL di Puskesmas Siotapina, Musdalifah Dani, mengatakan,yang akan dilakukan pada saat PBL antara lain melakukan tindakan tanda-tanda vital (TTV) seperti pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan suhu, pemeriksaan pernapasan dan nadi, melakukan injeksi serta pemasangan infus.

 

\”Kan kami tahun lalu juga pernah lakukan PBL di Rumah Sakit Pasarwajo, insyaallah dengan pengalaman tahun lalu itu, dan teori yang kami dapatkan di sekolah bisa kami praktekan dilapangan,\” paparnya.

 

Musdalifah mengaku senang dan bangga dengan praktek lapangan yang dilakukan, karena menurut dia, dengan kegiatan PBL banyak pengalaman yang akan didapatkan sehingga teori yang didapat disekolah bisa dipraktekan dilapangan sebagaimana motto SMK yaitu \”SMK BISA\”.

 

\”Perasaan saya pastinya senang dan bangga, karena dengan praktek dilapangan banyak pengalaman dan pengetahuan yang kita dapatkan khususnya dibidang kesehatan,\” tutupnya.

 

Sementara itu, Kepala Puskesmas Siotapina, Tisnawati Mukhtar mengatakan, dengan adanya siswa siswi yang melakukan kegiatan PBL akan memberikan output baik untuk siswa itu sendiri maupun pihak puskesmas.

 

\”Kita pasti akan bantu adik-adik kita ini dalam melakukan kegiatan praktek lapangannya, dan saya tentu berharap apa yang akan mereka dapat disini (puskesmas) bisa menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman mereka,\” tandas Tisnawati.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.