SULTRAKINI.COM: BUTON - Sebanyak 191 orang calon pengawas pemilihan lapangan (PPL) tingkat desa se-Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara pada tujuh kecamatan melakukan tes wawancara yang dilaksanakan di masing-masing kecamatan selama enam hari mulai 9-14 Januari 2018. Tahapan wawancara itu dilakukan setelah para peserta dinyatakan lolos seleksi administrasi berkas pada 6 Januari 2018.

191 Calon PPL di Buton Ikuti Tes Wawancara
Komisioner Panwascam Siotapina ketika melakukan tes wawancara terhadap salah satu peserta calon PPL di Sekretarit Panwascam Siotapina, Kamis (11/1/2018). (Foto: Sekretariat Panwascam Siotapina/SULTRAKINI.COM)

Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Buton, Irfan mengatakan mengenai jadwal wawancara diserahkan dan dilakukan oleh komisioner Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). Apakah dilaksanakan selama enam hari atau berapa hari, tergantung Anggota Panwascam yang dibantu anggota sekretariat masing-masing kecamatan khususnya masalah administrasi.

"Jadwalnya itu enam hari yang dimulai sejak tanggal 9 sampai 14 Januari, tapi semua kita serahkan ke masing-masing anggota Panwas Kecamatan, berapa hari dia mau lakukan," kata Irfan, Kamis (11/1/2018).

Meski tidak dirincikan secara pasti jumlah peserta calon PPL masing-masing kecamatan. Namun, dipastikan bahwa peserta terbanyak berasal dari Kecamatan Pasarwajo yang terdiri dari 22 desa/kelurahan, yaitu sebanyak 58 orang. Dan secara keseluruhan dari 191 peserta didominasi oleh laki-laki. Meski begitu, dalam perekrutan PPL juga harus memperhatikan keterwakilan perempuan, yaitu 30 persen sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Kita berharap, semoga peserta PPL yang dinyatakan lolos nanti dapat memegang amanah yang diberikan undang-undang, sehingga visi misi dari Bawaslu itu dapat tercapai, khususnya melakukan pengawasan di desanya masing-masing," ujarnya.

Dijelaskan, dari jumlah peserta calon PPL di masing-masing desa, nantinya hanya akan diambil satu orang yang akan dinyatakan lulus berdasarkan hasil pleno Anggota Panwascam. Untuk jadwal pelantikan terhadap mereka (PPL) yang lulus akan dilakukan pada 19 Januari 2018 di Ibu Kota Kabupaten Buton, Pasarwajo.

"Kalau tidak ada perubahan itu pelantikan tanggal 19, dan yang akan mengambil sumpah jabatan PPL nanti, yaitu satu orang perwakilan dari anggota Panwascam," jelas Irfan.


Laporan: La Ode Ali

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations