2 Bulan Rusak, Pelayanan Foto Rontgen Dialihkan ke RS Siloam

  • Bagikan
Situasi pelayanan di Instalasi Radiologi BLUD RSUD Baubau, Senin (4/6/2018). (Foto: Zarmin/ SULTRAKINI.COM)
Situasi pelayanan di Instalasi Radiologi BLUD RSUD Baubau, Senin (4/6/2018). (Foto: Zarmin/ SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Sejak dua mengalami gangguan tekhnis pelayanan radiologi di Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Baubau khusus pelayanan foto rintgen harus dialihkan ke Rumah Sakit Swasta Siloam Buton.

Kepada Sultrakini.com Humas BLUD RSUD, Muhamad Al Arsan Jaya, mengaku gangguan tekhnis tersebut menyebabkan alat foto rontgen belum bisa difungsikan, meski begitu, jika ada pasien yang membutuhkan pelayanan radiologi pihaknya telah bekerjasama dengan RS Siloam Buton. Mengenai pembayaran ke RS Siloam pasien yang mengantongi BPJS, pihaknya bakal bertanggung jawab penuh.

“Rontgen kami hari ini belum bisa kami gunakan Kurang lebih dua bulan ya, oleh karena terkendala tekhnis. Jadi saat ini kita kerjasama dengan pihak Siloam. pasien dirontgen di Siloam tapi pembayarannya kami yang bayar untuk BPJS, kalau umum bayar sendiri,” kata Muhamad Arsan Jaya di BLUD RSUD Baubau, Senin (4/6/2018).

Kata dia, sebelum mengalami gangguan tekhnis, alat tersebut sebelumnya sudah pernah dimanfaatkan, namun adanya gangguan tekhnis, membuat petugas RS menghentikan sementara pelayanan foto rontgen di BLUD RSUD Baubau.

“Kemarin baru habis koordinasi dengan ibu Nini Pelakasana Direktiur habis lebaran ini sesegara mungkin untuk dioperasikan kembali dan insy Allah habis lebaran ini saya sendiri yang akan turun tangan ke jawa untuk mengambil perlengkapan lainnya yang dibutuhkan,” akunya.

Dijelaskannya, foto rontgen sendiri memiliki fungsi untuk membantu medis dalam diagnosa penyakit termasuk untuk mengetahui pula penyakit lainnya.”Rontgen atau radiologi itu untuk membantu medis dalam diagnosa penyekait jadi dalam pasien misalnya patah tulang sehingga saat dioperasi sudah ditahu,” jelasnya.

Laporan: Zarmin
Editor: Habiruddin Daeng

  • Bagikan