2017, 300 Lahan Pertanian Warga Buteng Bakal Tersertifikasi

SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH – Badan Pertanahan Nasional (BPN) bekerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Buton Tengah (Buteng) melalui Dinas Pertanian, targetkan 300 lahan pertanian masyarakat akan tersertifikasi di 2017.

Kepala Perwakilan BPN Buteng, La Ode Nursalam mengatakan, target tersebut bakal terlaksana di enam desa yang tersebar di dua kecamatan, yakni Lakudo dan Mawasangka.

Soal pembagian bidang tanah, nantinya masing-masing desa mendapatkan jatah 50 bidang tanah untuk tersertifikasi.

Disediakan juga Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dilangsungkan di Desa Walando Kecamatan Gu. Hingga kini prosesnya sedang terlaksana dalam tahapan pengukuran.

“Sekarang sudah terukur sekitar 170 (meter persegi), tinggal 130an (meter persegi) yang akan diselesaikan,” kata Kepala Perwakilan BPN Buteng, La Ode Nursalam, Jumat (17/03/2017).

Kendala pengukuran lahan lanjut Nursalam, masih dialami ketika tidak adanya pemilik tanah yang sedang merantau ke daerah lain. Sehingga proses pengukuran tersendat.

“Untuk sementara masih Desa Walando. Nanti kedepannya akan menyusul desa-desa yang lain. Karena ini permintaan langsung dari kementerian, bahwa setiap kabupaten hanya satu desa,” tutupnya.

Laporan: Ali Tidar

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.