SULTRAKINI.COM: WAKATOBI - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, akan fokus menjalin kerja sama Internasional pada 2018. Kerja Sama ditujukan untuk meningkatkan sumber daya manusia di bidang kepariwisataan untuk pertumbuhan ekonomi di Wakatobi.

2018, Pemda Wakatobi Fokus Kerja Sama Internasional
Kepala Bappeda Wakatobi, Saediman. (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)

"2018 nanti kita akan fokus menjalin kerja sama dari beberapa negera-negara," terang Kepala Bappeda Wakatobi, Saediman, Senin (4/12/2017).

Kota La Rochelle, Perancis merupakan salah satu yang dipastikan akan bekerjasama dengan Wakatobi pada 2018 di bidang kepariwisataan. "Saya sudah ketemu dengan Wakil Wali Kotanya, bulan Juni 2018 nanti, Pemda Wakatobi akan mengirim perwakilan kita ke Prancis untuk mempelajari pengelolaan pariwisata di sana, karena Kota La Rochelle ini merupakan salah satu Kota di Prancis yang maju pariwisatanya," ujar Saediman.

Bahkan, untuk meningkatkan dan menunjang pariwisata Wakatobi, Pemerintah Kota La Rochelle akan mengirim para ahli pembuat perahu modern maupun tradisional, para ahli untuk melakukan penelitian ligkungan, kelautan, dan ketersediaan air bersih di Wakatobi dalam jangka panjang.

"Dengan letak giografis kepulawan Wakatobi, dan akan banyak wisatawan yang datang, maka ketersediaan air bersih di Wakatobi kedepan akan terancam. Kalau kita sedot terus, kedepan ketersedian air akan makin menurun. Sehingga penelitian ini sangat penting," jelas Saediman.


Laporan: Amran Mustar Ode

IKLAN KPU IKLAN LION

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations