SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara, akan menggratiskan seragam sekolah bagi siswa tingkat SD dan SMP memasuki tahun ajaran baru 2018/2019. Upaya itu merupakan bagian dari visi-misi Bupati Mubar, LM. Rajiun Tumada saat kampanyenya sewaktu Pilkada Februari lalu.

2018, Seragam SD dan SMP Gratis di Mubar
Kepala Bidang Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muna Barat, Djamuddin. (Foto: Akhir Sanjaya/SULTRAKINI.COM)

Kepala Bidang Dikdas Dikbud Mubar, Djamuddin menjelaskan pakaian seragam akan disalurkan mulai dari penerimaan Peserta Didik Baru (PDB) 2018 mendatang, dan diperuntukan bagi peserta didik kelas I tingkat SD dan kelas VII untuk SMP.

Ia menjelaskan, alokasi anggaran yang disiapkan untuk pembelian seragam sekolah sekitar Rp 1,7 miliar. Dikbud akan menyediakan pakaian seragam itu, kemudian akan didistribusikan ke setiap sekolah yang nantinya akan disesuaikan, apakah sekolah masing-masing yang adakan.

"Kita hanya bagi-bagi anggaran sesuai kebutuhan tiap-tiap sekolah itu,” ujarnya saat ditemui awak media di ruang kerjanya Rabu (6/12/2017).

Sedangkan untuk mengetahui kebutuhan tiap-tiap sekolah, pihaknya akan memverifikasi dan mendata jumlah PDB di SD maupun SMP. "Untuk menghindari terjadinya kesalahan, seperti kekurangan pakaian seragam. Semua sekolah di Mubar akan disalurkan bantuan ini sesuai dengan kebutuhannya," kata Djamuddin.

Ia menambahkan, pemberian pakaian seragam tersebut bukan hanya dari kalangan warga miskin atau kurang mampu, tetapi anak para pejabat pun akan mendapatkan pakaian seragam gratis, mulai dari sepatu sampai penutup kepala. Sedangkan buku tulis dialokasikan melalui Bantuan Operasional Sekolah (BOS). 

"Hal ini juga telah disampaikan kepada pihak sekolah dan masyarakat agar kedepanya mereka tidak ada keraguan untuk menyekolahkan anaknya dengan beban biaya pembelian pakaian,” jelas Djamuddin.

Menurut Djamuddin, ini merupakan sebuah terobosan baru bagi Pemkab Mubar dengan mengadakan pakaian gratis. Mubar menjadi salah satu daerah yang menerapkan bantuan pengadaan pakaian gratis di Sultra. Bahkan skala Indonesia, hanya dilakukan di beberapa daerah.

"Bantuan pakaian seragam gratis ini akan berlaku setiap tahun. Dengan harapan program ini bisa merubah wajah pendidikan dan peningkatan mutu pendidikan di Muna Barat,” tutupnya.


Laporan: Akhir Sanjaya

IKLAN KPU IKLAN LION

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations