21 Sekolah di Kendari jadi Sasaran Gerakan Seniman Masuk Sekolah

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Sebanyak 21 sekolah SD dan SMP di Kota Kendari menjadi sasaran Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) untuk 2019. Kuota tersebut ditetapkan oleh pusat yang diharapkan dapat melestarikan kebudayaan lokal yang ada di tengah-tengah masyarakat.

Pemegang kas GSMS Dikmudora Kendari, Mawarni, menyampaikan 21 sekolah yang menjadi sasaran GSMS terdiri dari 10 SMP dan 11 SD. Hanya saja, tidak disebutkan secara pasti sekolah-sekolah yang melaksanakan program GSMS.

“Kesenian yang dikembangkan dalam GSMS ini meliputi, tari, lagu daerah, paduan suara, puisi, musik bambu, seni media baru. Seni media yang kami maksud adalah seni fotografer dan video yang bertemakan budaya,” ungkapnya, Jumat (25/10/2019).

Dia menjelaskan, untuk pelatih dalam program GSMS tersebut direkruit secara online oleh pusat. Mereka yang dinyatakan lolos seleksi akan dibagi oleh pusat ke sekolah-sekolah sasaran program.

“Rekruitmen seniman yang akan melatih di sekolah sasaran dilakukan setiap tahun.Selain itu, sekolah sasaran juga memilih kesenian yang dikembangkan di sekokah juga secara online,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, dalam GSMS pihaknya bertugas memantau perkembangan pelaksanaan program ini akan berjalan sesuai yang diharapkan. Pasalnya setiap akhir tahun harus dilaksanakan pementasan untuk melihat perkembangan kegiatan GSMS.

“Rencana pekan kedua atau ketiga November 2019, kami kami akan melaksanakan pementasan seni,” tutupnya.

Laporan: Muh Yusuf
Editor: Habiruddin Daeng

beras pokea

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.