299 Pelanggaran di Operasi Simpatik, Pelaku Dominan Orang Dewasa

SULTRAKINI. COM:BUTON- Operasi Simpatik yang dilakukan Polrei untuk memberikan penyadaran bagi masyarakat dalam berlalulintas sudah berakhir. Selama pelaksanaan, operasi yang dimulai 1 Maret hingga 21 Maret 2016 tersebut, Satuan Lalulintas Polres Buton berhasil menemukan 299 pelanggaran.

 

Kasatlantas Polres Buton, Iptu Alfin Azis mengatakan, dari 299 pelangaran yang ditemukan, sebanyak 241 pelanggar diberikan teguran dan 58 diantaranya diberikan surat tilang. Untuk teguran kata Alfin, pelanggarannya berupa tidak membawa SIM ataupun STNK.

 

\”Kalau kasus tilang yang kita temukan selama operasi simpatik berupa tidak memiliki SIM, STNK, tidak memakai helm standar, dan bonceng tiga,\” ungkapnya kepada media ini melalui pesan singkat, Kamis (24/3/2016).

 

Dari jumlah pelanggaran yang ditemukan, para pelangar didominasi orang dewasa. sedangkan untuk jenis kendaraanya yakni roda dua atau motor. Untuk kasus tilang kata Alfin, sudah dilakukan sidang di Pengadilan Pasarwajo.

 

Dijelaskannya juga, selama melaksanakan operasi simpatik, pihaknya lebih mengedapankan tindakan preventif dan sosialisasi. Baik itu disekolah-sekolah ataupun ditempat-tempat keramaian lainnya seperti pasar, pangkalan ojek, terminal mobil dan jalan raya.

 

\”Dalam operasi itu, kita kedepankan tindakan preventif dan sosialisasi serta penyuluhan disekolah-sekolah dan tempat-tempat keramaian,\” jelasnya.

yamaha

 

Selain itu, lanjut orang nomor satu di Satlantas Buton ini, dalam melakukan operasi simpatik, pihaknya menyampaikan pesan-pesan lalulintas dengan cara kampanye menggunakan kendaraan roda dua yang menjadi korban kecelakaan lalulintas.

 

Tujuannya, kata pria yang murah senyum ini yaitu agar masyarakat bisa mudah mengingat pesan lalulintas yang disampaikan.

 

\”Kita lakukan kampanye itu dengan cara pake motor korban kecelakaan yang bertuliskan pesan lalulintas, dengan tujuan agar masyarakat gampang mengingat pesan yang kita sampaikan,\” bebernya.

 

\”Kita juga pada saat operasi membagikan sejumlah brosur yang berisi pesan-pesan lalulintas,\” sambungnya.

 

Untuk itu, Ia berharap dengan kegiatan terkait tersebut masyarakat semakin sadar dan mematuhi tata tertib dalam berkendara demi keselamatan diri sendiri dan orang lain.

 

\”Saya berharap kepada pengendara agar bisa mematuhi tata tertib lalulintas demi meminimalisir angka kecelakaan, karena keluarga kita menunggu dirumah\”tandas Alfin.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.