SULTRAKINI.COM : KENDARI - Setelah melalui proses panjang upaya pencarian terhadap sebuah kapal motor (KM) Nursinta dengan nomor GT 06 yang sempat terombang - ambing selama 30 jam akibat mati mesin di tengah laut, akhirnya berhasil di evakuasi oleh tim Rescue Pos SAR Bau Bau dan Wakatobi, Selasa (19/12/2017).
30 Jam Terjebak di Laut, KM Nursinta GT 06 Akhirnya Berhasil Dievakuasi
Tim Rescue Pos SAR gabungan Wakatobi dan Bau Bau saat melakukan evakuasi terhadap KM Nursinta GT 06, Selasa (19/12/2017). Foto : Dok. Humas Badan Pencarian dan Pertolongan SAR Kendari.

Selain mengevakuasi kapal tersebut, tiga orang person on board (POB) yang terdiri dari,  kapten kapal dan dua anak buah kapal (ABK), juga  ditemukan dengan kondisi selamat. 

Setelah berhasil menemukan KM Nursinta yang terjebak disekitar 17 Mil laut bagian utara Pulau Kadatua, tim Rescue langsung menggiringnya menuju pelabuhan Wanci.

"Begitu  berhasil tiba di tempat kejadian musibah (TKM) sekitar pukul 16.45 wita, mesin kapal langsung diperbaiki oleh tim dan berhasil dihidupkan kembali,"ujar Wahyudi, Humas Badan Pencarian dan Pertolongan SAR Kendari, Selasa (19/12/2017).

KM Nursinta GT 06, Selasa (19/12/2017). Foto : Dok. Humas Badan Pencarian dan Pertolongan SAR Kendari.

Wahyudi mengungkapakan sebelum KM Nursinta berhasil ditemukan, Tim Rescue sempat mengalami kendala dalam proses evakuasi. Hal tersebut dikarenakan cuaca buruk dan kondisi gelombak laut yang tinggi.

"Sempat terhenti proses pencarian tersebut,  karena tim tidak mampu menembus cuaca ekstrim dan gelombang laut yang berbahaya. Setelah cuaca dan gelombang normal, tim kemudian melanjutkan upaya pencarian dan evakuasi dengan menggunakan RIB milik SAR,"ungkapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, KM Nursinta GT 06 dengan muatan barang bekas mengalami mati mesin di tengah laut pada senin (18/12/2017) sekitar pukul 10.00 wita.

Akibatnya, kapal yang baru saja bertolak dari Tanjung Pinang, kepulauan Riau dengan tujuan Wanci itu,  terombang - ambing ditengah laut.


Laporan : Wayan Sukanta

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations