SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT - Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Muna Barat, melantik 313 anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS), Sabtu (11/11/2017). Proses pelantikan dipimpin oleh Ketua KPUD Mubar, Al Munardin.

313 Anggota PPK dan PPS Mubar Dilantik
Pendatangan pakta integritas oleh PPK dan PPS dari keterwakilan tiga wilayah besar. (Foto: Akhir Sanjaya/SULTRAKINI.COM)

Total yang dilantik terdiri dari 55 orang PPK dan 258 orang PPS untuk menempati 86 desa/kelurahan dari 11 kecamatan.

(Baca: Rekrutmen PPS di Mubar Eliminasi 408 Orang)

Al Munardin dalam sambutannya mengatakan, demokrasi tergolong mahal dikarenakan kedaulatan tertinggi berada ditangan rakyat, bahwa segala penyelenggaraan negara untuk kesejahteraan rakyat harus dipertanggungjawabkan kembali kepada rakyat.

"Dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat," kata Al Munardin.

Menurutnya, KPUD Mubar telah menorehkan prestasi yang dibuktikan dengan perolehan tingkat partisipasi pemilih tertinggi di wilayah Sultra pada Pilkada serentak 2017. Serta tidak berujung gugatan. Target selanjutnya, yakni mensukseskan Pemilihan Gubernur Sultra 2018.

"Selamat bergabung teman-teman penyelenggara di keluarga besar KPUD Mubar, semoga bisa menjalankan tugas dengan baik. Sesulit apapun itu pekerjaan, kita harus selesaikan dengan baik, sedekat apapun tetap menjadi penyelenggara yang berintegritas," ucap Al Munardin.

Proses pelantikan anggota PPK dan PPS oleh KPUD Muna Barat. (Foto: Akhir Sanjaya/SULTRAKINI.COM)

Disatu sisi, Kapolres Muna, AKBP Agung Ramos Paretongan Sinaga mengungkapkan demokrasi merupakan bentuk pengabdian seseorang kepada nusa dan bangsa dan bisa diaplikasikan dengan melahirkan pemimpin terbaik serta menjaga suasana aman dan tertib di lingkungan masyarakat.

"Saya menyadari Polri tidaklah bekerja sendiri, namun seluruh komponen masyarakat  bersama-sama menjaga jalanya pilgub ini," ujar Agung Ramos.

Bentuk kesiapan melaksanakan prosesi Pilgub Sultra juga diungkapkan Ketua Terpilih PPK Kecamatan Lawa, La Maya. "Rekrutmen tahun ini berdasarkan kemampuan individu dari calon PPK dan PPS, dalam hal ini pemahaman tentang kepemiluan sangat dibutuhkan bagi mereka yang dinyatakan lolos oleh KPUD Mubar, hal ini juga kami selaku perpanjangan tangan KPUD Mubar, baik tingkat PPK maupun PPS akan bekerja sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku," ujar La Maya.


Laporan: Akhir Sanjaya

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations