SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), mencatat 3.372 warga Kabupaten Buton Tengah (Buteng) pindah domisili direntan waktu sepuluh bulan terakhir di 2017.

3.372 Warga Buteng Pindah Domisili
Kepala Bidang Pengelolaan Administrasi Informasi Kependudukan Disdukcapil Buton Tengah, La Ode Abdul Izar saat menunjukan data perpindahan penduduk di wilayahnya. (Foto: Ali Tidar/SULTRAKINI.COM)

Kepala Bidang Pengelolaan Administrasi Informasi Kependudukan Disdukcapil Buteng, La Ode Abdul Izar mengatakan jumlah ini berbagi atas 1.800 orang pindah domisili antar kabupaten dan 1.572 orang pindah domisili antar desa serta kecamatan dalam satu kabupaten.

"Data terakhir ini mulai dari Januari sampai Oktober," Senin, (30/10/2017).

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Buteng, Syamsuddin mengungkapkan faktor utama banyaknya perpindahan penduduk, yakni faktor alam yang tidak mendukung, salah satunya kurangnya lapangan pekerjaan. Untuk kembali ke wilayah Buteng tambahnya, dia menekankan agar mengambil surat pindah di lokasi domisili sebelumnya. Penekanan ini, didasari atas banyaknya kasus tersebut pernah ditangani pihaknya di lapangan.

"Kami tidak bisa melayani mereka (tidak ada keterangan pindah domisili) dalam pembuatan KTP-el maupun yang lainnya," jelas Syamsuddin.


Laporan: Ali Tidar

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations