34 PLKB Dilantik di Buteng

SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH – 34 Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Non PNS Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara dilantik sebelum mengikuti pelatihan teknis program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga.

Pelantikan yang dilakukan Wakil Bupati Buteng, La Ntau berlangsung di aula Kantor Kelurahan Bombonawulu pada Kamis, 3 Agustus 2017.

Pembukaan pelatihan dan pelantikan para PLKB non PNS, dihadiri Kepala Bidang Litbang Perwakilan BKKBN Provinsi Sultra Min Rahmatin, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Buteng La Uke, Pelaksana Tugas Camat Gu Amir, Danramil Gu Kapten Inf Usman, Pj Kapolsek Gu AKP Salimin, Lurah Bombonawulu dan Lurah Watulea.

La Ntau juga membuka pelatihan yang dijadwalkan terlaksana sembilan hari kedepan. Para pelatih sengaja didatangkan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Buteng dari BKKBN Provinsi Sultra.

“Jumlah penduduk yang besar akan menjadi bencana jika tanpa diimbangi dengan tingkat kemampuan dan kemakmuran. Tingginya pertumbuhan penduduk akan menimbulkan masalah dan hambatan dalam pembangunan daerah jika tidak dikelola dengan baik,” kata La Ntau.

Dia juga menyambut positif hadirnya para PLKB guna membantu penyuluhan program KB di wilayah tersebut. “Saya sangat menyambut baik kegiatan ini dalam rangka memberikan bekal kepada petugas PLKB non PNS agar mampu menjalankan tugas dan peran penyuluh KB di tengah-tengah kondisi tenaga yang terbatas,” lanjutnya.

Kepala Bagian Litbang Perwakilan BKKBN Sultra, Min Rahmatin dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan program PLKB telah memberikan dampak cukup berhasil dalam menekan laju pertumbuhan penduduk dan memberikan kontribusi positif terhadap berbagai sektor pembangunan di pusat dan daerah.

“Sayangnya jumlah desa yang ada di Kabupaten Buteng ini tidak ditunjang dengan jumlah PLKB yang ada. Rata-rata seorang PLKB membina tiga sampai empat desa, padahal idealnya satu desa itu dibina satu PLKB,” katanya.

Namun pihaknya bersyukur, kekurangan PLKB tersebut bisa diatasi Pemkab Buteng dengan melantik 34 PLKB Non PNS untuk membantu PLKB yang sudah ada melaksanakan program-program BKKBN.

Dia mberharap, peserta PLKB non PNS yang sudah dilantik dapat mengikuti pelatihan dengan baik dan sungguh-sungguh.

Laporan: Ali Tidar

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.