47 Tahun Berdagang Buah, Kakek 75 Tahun Naik Haji

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Impian seorang penjual buah di Kolaka untuk bisa menunaikan ibadah haji akhirnya bisa terwujud. Dia adalah Kakek Jamaluddin Daeng Pasau (72), warga Jalan Abadi Kelurahan Sea, Kecamatan Latambaga akhirnya berangkat haji tahun ini.

Keuletan dan kesabarannya berdagang buah benar-benar membuahkan hasil. Sejak berumur 25 tahun, Jamaluddin sudah berdagang buah di lapak gerobak buahnya di depan Rumah Sakit Umum RSBG Kolaka. “Iya sudah 47 tahun saya berjualan buah,” ungkapnya ditemui sebelum berangkat haji, Kamis (2/8/2018).

Setiap harinya Jamaluddin menyisihkan keuntungannya dari berdagang buah untuk mewujudkan niatnya naik haji. “Ya setiap hari ditabung, kadang Rp50 ribu, atau kalau lagi banyak keuntungan ya banyak juga ditabung,” lanjutnya.

Jamaluddin Daeng Pasau saat berangkat haji. (Foto: Mirwanto/SULTRAKINI.COM).
Jamaluddin Daeng Pasau saat berangkat haji. (Foto: Mirwanto/SULTRAKINI.COM).

Kakek berumur 72 tahun tersebut memang setiap harinya mangkal dengan gerobak buahnya di Jalan Pahlawan depan RSBG mulai pukul 08.00 hingga larut malam. Dia berdagang berbagai macam buah. Rata-rata pelanggannya adalah para pembesuk di rumah sakit. “Ya mereka yang mau masuk rumah sakit kan biasa cari buah, itu yang banyak beli,” terangnya.

Jamaluddin atau yang sering dikenal dengan nama Daeng Bani memang sudah berniat naik haji sejak lama. Dirinya yakin impiannya bisa tercapai dengan menabung, meski sedikit demi sedikit. “Memang sudah lama, makanya keuntungan ditabung dengan niat mau naik haji,” terangnya.

Bahkan, kata daeng Bani, di tahun 2010, Istrinya sudah lebih dulu menunaikan rukun Islam ke lima itu dari hasil menjual buahnya. Dan yang lebih membanggakan dirinya karena ditahun 2018 ini, Daeng Bani juga bisa naik haji bersama anak kandungnya yang juga dibiayainya dari keuntungan menjual buah. “Semuanya dari hasil buah,” jelasnya singkat.

Jamaluddin Daeng Pasau merupakan Jamaah calon haji asal Kabupaten Kolaka yang diberangkatkan 2 Agustus 2018 menuju embarkasi Makassar. Dirinya tergabung dalam kloter 23 bersama 290 jamah haji asal Kolaka.

Laporan: Mirwanto
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.