5 Kebiasaan Buruk di Kantor yang Sebaiknya Dihindari

SULTRAKINI.COM: Di lingkungan manapun tingkah laku selalu menjadi pusat perhatian setiap orang. Tak jarang hal ini juga berlaku di lingkungan kerja. Sadar atau tidak, perilaku kita bahkan menjadi bahan penilaian dari rekan kerja maupun atasan.

Meski menganggapnya biasa atau bercandaan, beberapa sikap dan perilaku kurang baik kita kadang kala mempengaruhi hubungan sosial di lingkungan kerja.

Dikutip dari fimela.com dan jobstreet.com, setidaknya terdapat lima kebiasaan kurang baik-kita di kantor yang perlu dihindari, demi kenyamanan bekerja dan menjaga hubungan dengan rekan kerja tentunya.

1.Tidak Tepat Waktu

Terlalu sering telat ke kantor pastinya mempengaruhi produktivitas kerja. Apalagi sampai diketahui atasan. Tentunya kita tidak ingin sikap buruk satu ini membuat kita dipecat dari pekerjaan. Jadi, mulailah menghargai waktu dan menghargai pekerjaan kita yang sedang dijalani sampai saat ini.

Waktu juga sangat berharga di tengah kita mengejar deadline. Aturlah waktu kerja kita untuk satu pekerjaan dengan pekerjaan lainnya. Bila tidak, siap-siaplah kerja lembur hanya karena kita yang kebiasaan menyia-nyiakan waktu. Belum lagi dampaknya bisa mengacaukan waktu privasi dan waktu bersama keluarga.

2. Suka Ribut

Waktu bekerja pastinya memiliki prime dan break. Namun, pernahkah kamu merasakan memiliki rekan kerja yang memecah konsentrasi lantaran berisik atau lebih banyak mengobrol, bahkan tertawa terbahak-bahak saat waktu kerja? Pastinya ini sangat mengganggu. Terlebih ruang kerja hanya dibatasi sekat-sekat sehingga suara sangat jelas terdengar. Jangan tunggu ditegur atasan ya!!

Ngobrol atau bercanda di kantor bukan hal yang dilarang. Namun, ada batas-batas waktu untuk sekadar berbaur dengan rekan kerja sehingga pekerjaan kita tidak terbengkalai.

3. Terlalu Negatif

Sikap pesimis ada baiknya segera dihilangkan buat kamu yang sudah bekerja. Begitu juga merendahkan pandangan rekan kerja karena bisa saja tindakan itu bagian dari pendorong kamu untuk meningkatkan performa kerja.

Memikirkan semua hal dalam pekerjaan dari sudut pandang negatif cenderung membuat arah pemikiran kamu ikut negatif. Jika kamu terlalu negatif dan memiliki victim mentality, hal yang terjadi adalah kamu akan menjadi seseorang yang selalu menggerutu.

Tidak ada orang yang senang dekat-dekat dengan orang yang kerjanya menggerutu dan komplain terus-menerus. Akhirnya bisa jadi kamu dijauhi oleh teman-teman kantormu, bahkan dinilai negatif pula oleh atasanmu.

4. Melakukan Hal Pribadi Saat Jam Kerja

Menguntit teman di media sosial, belanja online, atau game membuat pekerjaan akan terhambat. Kebiasaan buruk ini sebaiknya ditinggalkan karena dapat memberikan pandangan negatif dari teman- teman kantormu termasuk dari atasan.

Kecuali sesuatu yang sifatnya penting terkait keluarga sakit atau bencana alam. Namun, berbeda dengan menggosip atau membuat kesibukan demi kesenangan diri sendiri. Usahakan kegiatan tersebut dihindari, boleh intermeso sesaat, tapi jangan sampai lupa waktu yang berakibat pekerjaanmu menumpuk.

5. Mengambil Barang Rekan Kerja Tanpa Izin

Ketika mengambil atau meminjam barang orang lain, jangan lupa selalu minta izin dan mengembalikannya. Pemilik barang yang dipinjam lama-kelamaan akan merasa terganggu. Sama halnya dengan makanan, jika selalu merasa lapar di kantor pastikan Anda menyediakan snack.

Meminta sesuatu harus dalam batas wajar, dan hindari mengambil jika tidak ditawarkan. Selain itu, jangan terlalu sering menggunakan barang milik orang lain. Kebiasaan seperti ini tidak mudah hilang. Jika memiliki kebiasaan ini, sebaiknya segera diperbaiki karena akan terus terbawa ke depannya yang berdampak pada keharmonisan antar-rekan kerja.

Laporan: Nurtiah
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.