000 HPN Prov

5 Kecamatan di konut Kembali Dilanda Banjir

SULTRAKINI.COM: KONAWE UTARA – Lima Kecamatan di Konawe Utara (Konut) Kembali dilanda banjir yang membuat akses jalan menuju Sulawesi Tengah (Sulteng) terputus, Kamis (28/6/2018).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konut, Raga, mengatakan Desa Polora Indah, Kecamatan Langgikima sudah tidak bisa dilalalui kendaraan akibatnya jalan terendam banjir dengan ketinggian mencapai dua meter.

“Kecamatan Landawe Desa Landawe, Kecamatan Langikimi Desa Plora indah, Kecamatan Ohoe Desa Samandete, Asera Tapuwatu, Walalindu, Kecamatan Andowia Desa Labunga ketingian air dua meter,” ungkapnya Kepada SultraKini.Com Saat ditemui di lokasi banjir, Kamis (28/6/2018).

Desa Laronanga dan Puusuli, Kecamatan Andowia ketinggian air semakin naik akibat hujan yang terus mengguyur. Sementara Desa Tapuwatu Kecamatan Asera, Desa wanggudu raya dan Dese wanggudu pantai berapa air sudah memasuki sebagian besar rumah warga yang tinggal di pinggir sungai Lasolo.

Situasi banjir di Desa Pusuli, Kecamatan Andowia, Konut Konut.(Foto: Sulham Tepamba/SULTRAKINI.COM)
Situasi banjir di Desa Pusuli, Kecamatan Andowia, Konut Konut.(Foto: Sulham Tepamba/SULTRAKINI.COM)

Unutk itu, Raga L menghimbau agar warga siaga satu dari banjir, karena intensitas hujan yang tidak berhenti akhir-akhir ini.

“Untuk bantuan sembako berupa beras dan perlatan dapur serta tikar segera kami turunkan kepada para korban banjir” tuturnya

Semetara itu, Kepala Urusan Pembangunan Desa Pusuli, Miswan, mengatakan 12 rumah sudah terendam banjir dan beberapa warga sudah mengungsi di rumah sanak saudara.

“Air naik dari tadi pagi penyebab air naik air kali yang meluap sehingga masuk ke dalam pemukiman warga” unkapnya

Wakil Bupati Konut Raup dan kepala BPBD Konut serta Dinas sosial terus memantau kondisi banjir dan air naik di bantaran kali di beberapa kecamataan karena meliahat hujan yang terus mengguyur Konut.

Laporan: Sulham Tepamba
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.