5 Kunci Lulus TOEFL dengan Nilai Tinggi

Mama Papa ingin si kecil lebih pintar berbahasa Inggris? Memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan baik, di zaman sekarang ini memang sangat dibutuhkan. Terutama bagi si kecil dalam mempersiapkan pendidikan di masa depannya.

Nah, salah satu penilaian atas kemampuan bahasa Inggris adalah dengan lulus tes TOEFL atau IELTS. TOEFL sendiri mencangkup kemampuan reading, listening, speaking, dan juga writing. Mungkin Mama Papa juga ingin tahu berapa nilai TOEFL tertinggi atau minimalnya.  Perlu diketahui bahwa nilai minimal skor yang harus diperoleh dari tes TOEFL adalah minimal 500.

Semakin tinggi skornya, maka bisa dibilang kalau kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki juga semakin di atas rata-rata. Hasil dari tes tersebut seringkali diberikan dalam bentuk sertifikat. Namun tentu saja, tidaklah mudah bagi anak untuk mendapatkan nilai yang di atas rata-rata.

Kunci Lulus TOEFL atau IELTS dengan Nilai Tinggi

Kunci keberhasilan dalam lulus tes TOEFL atau IELTS. Kredit foto: 123rf.com

Dalam mengikuti TOEFL atau IELTS, diperlukan yang namanya kerja keras dan pengetahuan akan kunci keberhasilan. Berikut ini beberapa kunci lulus tes yang bisa Mama Papa ajarkan pada anak.

1. Menargetkan Waktu Belajar Anak

Melakukan kegiatan belajar sudah seharusnya dilakukan secara disiplin dan rutin. Terutama bila si kecil mengajar pencapaian nilai dalam tes TOEFL atau IELTS. Misal ketika belajar dasar yang akan diujikan dalam tes TOEFL.

Targetkan waktu pada masing-masing cangkupan tes, baik itu untuk writing, speaking, reading, dan lain sebagainya. Mama Papa dianjurkan untuk menentukan berapa lama waktu belajar yang sekiranya dibutuhkan anak.

Anak bisa mempelajari satu materi dalam satu sesi pembelajaran. Misalkan saja masing-masing materi dipelajari selama 15 hingga 30 menit setiap harinya. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, mengingat usia anak belum memiliki manajemen waktu yang baik.

2. Memiliki Rencana Belajar

Perencanaan waktu belajar anak bisa menunjang kelulusan TOEFL atau IELTS. Kredit foto: 123rf.com 
Perencanaan waktu belajar anak bisa menunjang kelulusan TOEFL atau IELTS. Kredit foto: 123rf.com

Setelah menentukan lama atau durasi belajar anak, mama Papa juga harus membuat rencana belajar untuk si kecil. Rencanakan apa saja materi yang harus dipelajari dan kapan waktu untuk mempelajarinya. Bagaimanapun juga pembelajaran akan lebih efektif dilakukan secara bertahap dan rutin setiap hari.

Dibandingkan belajar dengan terburu-buru dalam satu waktu, justru akan membuat si kecil kehilangan konsentrasi dan menimbulkan kejenuhan. Perlu diperhatikan juga bahwa rencana belajar anak ini benar-benar dikuasai sebelum melakukan tes.

3. Ajarkan Anak Teknik Menjawab

Menerapkan teknik Skim and Scan juga jadi kunci keberhasilan tes TOEFL atau IELTS. Teknik tersebut dapat digunakan untuk mempersingkat waktu membaca soal dan mengetahui informasi yang utama.

Teknik Skim berarti memilah mana saja paragraf yang sekiranya penting dan tidak. Sementara teknik Scan adalah menentukan poin penting dalam soal maupun paragraf. Mama papa sangat dianjurkan untuk mengajarkan kedua teknik tersebut pada anak.

Tujuannya adalah supaya tidak kehabisan waktu ketika menjawab soal yang diujikan. Teknik tersebut bisa dilakukan dengan mencari kata kuncinya pada soal. Setelah itu, barulah mulai mencari kata kunci yang ada pada soal.

Dalam hal ini, sangat penting bagi anak untuk mempergunakan waktu menjawab sebaik-baiknya. Cara ini bisa sangat efektif untuk memaksimalkan teknik skim and scan ketika anak mengikuti TOEFL. Mama Papa perlu memberikan penjelasan bagi anak agar terlebih dulu fokus pada pertanyaan dan opsi jawaban.

Sehingga nantinya anak tidak akan membuang-buang waktu dalam menjawab. Misalnya saja membaca paragraf atau mendengarkan narasi yang dibacakan hingga selesai. Barulah setelah itu anak membaca pertanyaan dan opsi jawaban yang tersedia.

Teknik seperti ini tentu saja akan sangat menyita waktu dan bisa dibilang sangat tidak efisien. Sehingga nantinya, si kecil tidak akan kehilangan waktu terlalu banyak hanya untuk membaca dan memahami soal maupun narasi.

5. Mengenali Struktur Kalimat Soal

Penting bagi si kecil untuk mengenal bagaimana struktur kalimat yang ditanyakan. Karena seperti yang kita tahu, orang dewasa pun kerap kesulitan ketika menjawab di bagian structure and writing expression tes TOEFL atau IELTS.

Salah satu penyebab mengapa bagian ini cukup sulit, yakni karena mencangkup tentang kaidah maupun grammar bahasa Inggris. Lantas bagaimana caranya supaya si kecil bisa menerapkan teknik tersebut dengan mudah?

Sebenarnya hal ini sangatlah sederhana, di mana anak bisa melakukan identifikasi pertanyaan terkait subject dan verb. Atau lebih mudahnya, anak perlu mempelajari mengenai bagian kalimat yang termasuk subjek maupun predikat.

5. Mengikuti Kursus Bahasa Inggris

Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar bisa lulus dalam tes TOEFL bahasa Inggris. Namun bila ingin hasilnya lebih optimal, mama Papa bisa memberikan les atau kursus bahasa Inggris. Melalui pembelajaran ini, tentu materi-materi yang didapatkan anak juga lebih kompleks dibandingkan belajar secara mandiri.

Apalagi saat ini sudah banyak lembaga belajar atau tempat kursus yang menyediakan berbagai program untuk si kecil. Bahkan beberapa diantaranya juga menyediakan kelas online, demi kemudahan belajar dari rumah. Mengingat tidak semua teknik dan cara belajar bahasa Inggris bisa diajarkan oleh orang tua di rumah.

Kiddo.id bisa menjadi solusi tepat bagi Papa Mama yang ingin mengajarkan bahasa Inggris dan mencarikan tempat les bahasa inggris yang tepat untuk si kecil. Di Kiddo.id ada banyak vendor yang menyediakan les bahasa inggris baik online maupun offline termasuk kelas khusus TOEFL. Jangan tunggu lama lagi. Percayakan kemampuan belajar bahasa Inggris si kecil sejak dini hanya di Kiddo.id.

Referensi:

https://m.kiddo.id/catalog/pilihan
https://fimela.com/lifestyle-relationship/read/4354045/5-tips-lulus-tes-toefl-dengan-nilai-tinggi-secara-otodidak-tanpa-perlu-les
https://ehef.id/post/tips-mendapatkan-nilai-bagus-dalam-ujian-toeflielts/id

https://blog.cakap.com/cara-lulus-tes-toefl-dengan-nilai-tinggi/ https://ublik.id/6-strategi-dan-tips-sukses-lulus-ujian-toefl-dengan-skor-tinggi/amp/

1 Komen
  1. […] Mama Papa ingin si kecil lebih pintar berbahasa Inggris? Memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan baik, di zaman sekarang ini memang sangat dibutuhkan. Terutama bagi si kecil dalam mempersiapkan pendidikan di masa depannya. Nah, salah satu penilaian atas kemampuan bahasa Inggris adalah dengan lulus tes TOEFL atau IELTS. TOEFL sendiri mencangkup kemampuan reading, listening, speaking, dan […]Read More […]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.