50 Tahun CSR ANTAM Membawa Dampak Positif

Lima puluh tahun PT Aneka Tambang (ANTAM) Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Sulawesi Tenggara (Sultra) hadir di tengah masyarakat dengan membawa manfaat positif melalui kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility). PT ANTAM Tbk telah memperoleh CSR Award pada tahun 2006. Dengan adanya predikat itu, PT ANTAM UBPN Sultra terus bersinergi dengan pemerintah daerah, masyarakat, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), BUMN lain dan masyarakat setempat untuk menyukseskan kegiatan tersebut dari tahap perencanaan hingga pelaksanaan. Corporate Social Responsibility dipandang oleh perusahaan bukan hanya kewajiban memenuhi aturan pemerintah tetapi juga sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Program CSR PT ANTAM UBPN Sultra meliputi : program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) serta pengembangan masyarakat (community development). Program Kemitraan Bina Lingkungan bertujuan untuk meningkatakan taraf hidup masyarakat, infrastruktur, dan fasilitas umum. Program ini diimplementasikan melalui pemberian modal usaha, pembimbingan, dan pelatihan kepada pengusaha kecil dan menengah. Program ini diharapkan dapat membantu membangun sektor perekonomian Kabupaten Kolaka. Dengan banyaknya unit usaha kecil dan menengah, maka akan menyerap tenaga kerja hingga akhirnya mengurangi angka kemiskinan.

Program pengembangan masyarakat telah diaplikasikan pada berbagai bidang antara lain : pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan konservasi lingkungan. Sebagai dukungan peningkatan akses dan kualitas pendidikan, PT ANTAM UBPN Sultra telah memberikan beasiswa berprestasi pada mahasiswa Kolaka yang tidak mampu. Perusahaan juga berkontribusi memberikan Beasiswa Utusan Daerah (BUD) pada anak Pomalaa untuk bersekolah di Institut Pertanian Bogor (IPB). Pemberian beasiswa ini akan meningkatkan daya saing dan kualitas hidup masyarakat. Selain itu, perusahaan juga membantu pembangunan fasilitas laboratorium bagi sekolah-sekolah di Kolaka. Sebagai ujung tombak pendidikan, pada tahun 2013 para guru juga berkesempatan menikmati CSR PT ANTAM berupa pelatihan peningkatan kompetensi guru se-Kecamatan Pomalaa. Dalam pelatihan guru ini, perusahaan bekerja sama dengan Universitas Haluoleo. Selain itu, kegiatan CSR juga menyasar infrastruktur pendidikan melaui pembangunan SD Terapung di wilayah pemukiman suku Bajo, Kelurahan Dawi-Dawi, Kecamatan Pomalaa. Pemberian beasiswa, membangun laboratorium, dan pelatihan guru menjadi bukti bahwa perusahaan ini peduli terhadap sektor pendidikan.

Sebagai dukungan fasilitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat Sulawesi Tenggara, PT ANTAM UBPN Sultra berperan dalam pembangunan RSUD Bahteramas dan RSUD Kolaka. Dengan adanya pembangunan fasilitas kesehatan berupa rumah sakit di Kolaka dan Kendari, maka diharapkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di sekitar daerah tersebut dapat lebih cepat, tepat, dan optimal. Saat perayaan HUT ANTAM ke-48 dan HUT Republik Indonesia ke-71, perusahaan menyelenggarakan bakti sosial dan khitanan masal di RS ANTAM. Khitanan masal ini diikuti sekitar 200 anak Pomalaa, Kabupaten Kolaka.

Bukan hanya aspek kesehatan yang menjadi perhatian akan tetapi aspek ekonomi juga tak luput dari sasaran CSR PT ANTAM UBPN Sultra. Perusahaan ini ditunjuk menjadi koordinator program BUMN Membangun Desa di wilayah Sulawesi Tenggara pada tahun 2012. BUMN membangun desa bertujuan memberdayakan ekonomi warga 14 desa di wilayah Sulawesi Tenggara. Terdapat 53 kelompok masyarakat di bidang usaha peternakan, budidaya tambak, dan budidaya rumput laut. Program ini memberikan bantuan berupa pelatihan usaha dan bantuan sarana produksi seperti : kandang, ternak, bibit, dan obat-obatan. Untuk meyukseskan program, perusahaan ini membina dan mendampingi hingga mampu mandiri secara ekonomi. PT ANTAM UBPN Sultra berharap kelompok masyarakat ini dapat mengembangkan usahanya dan menjadi pengusaha yang layak usaha dalam Program kemitraan. Pada tahun yang sama, PT ANTAM UBPN Sultra juga diberi amanah sebagai koordinator wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara dalam pelaksanaan penyaluran bantuan pasar murah. Dalam upaya mengembangkan ekonomi lokal, PT ANTAM UBPN Sultra bersama pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka bekerja sama dalam pembangunan Bandara Sangia Nibandera di Pomalaa, Kolaka sejak tahun 2013 hingga dapat diresmikan pada tahun 2015. Dengan adanya alternatif pilihan transportasi udara di Kolaka ini, maka akses transportasi menjadi lebih mudah dan cepat. Saat safari ramadhan 2016 dengan tema BUMN hadir bagi negeri, perusahaan ini memberi santunan bagi anak yatim dan pasar murah. Hasil penjualan dalam pasar murah diberikan kepada para pengurus tempat ibadah. Hal ini tentu sangat menunjang visi dari community development, yakni dari masyarakat diberikan kembali kepada masyarakat.

PT ANTAM UBPN Sultra juga peduli terhadap konservasi dan rehabilitasi lingkungan. Sebagai buktinya, areal pascatambang di Wawo, Kabupaten Kolaka Utara yang tadinya tambang batu kapur telah diubah menjadi Taman Bermain Wawo. Taman Bermain Wawo ialah sebuah area taman bermain seluas 7.500 m2 yang memiliki berbagai fasilitas seperti area bermain, bangku taman, dan lapangan parkir. Area ini dapat dimanfaatkan masyarakat sekitar sebagai sarana olahraga dan hiburan. Taman Bermain Wawo diharapkan juga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dengan banyaknya masyarakat yang menggunakan fasilitas ini. Pemulihan ekosistem pantai juga dilakukan oleh ANTAM dengan menanam pohon bakau (mangrove) sebanyak 193.000 pohon di sepanjang pesisir pantai harapan Pomalaa, Kabupaten Kolaka untuk mencegah abrasi pantai pada tahun 2012. Upaya penghijauan yang dilakukan oleh perusahaan ini adalah menanam 13 ribu pohon di Kecamatan Molawe, Lasolo, Andowia dan Wiwirano, Konawe Utara pada tahun berikutnya. Guna mendukung program One Billion Indonesia Trees (OBIT), Perusahaan ini memberikan bibit tanaman mahoni, jati putih, sengon, trembesi, ketapang, bitti, mangga, alpukat, sawo, jeruk, glondongan tiang, jati lokal, dan jabon merah kepada pemerintah kecamatan Molawe. Penanaman pohon ini diharapkan dapat menambah luasan lahan, mengurangi lahan kritis, peningkatan serapan CO2, serta konservasi air tanah. Perusahaan juga memberikan bantuan untuk membangun fasilitas pemantauan keamanan dan fasilitas umum pantai Kolaka. Bukan hanya itu saja, PT ANTAM UBPN Sultra juga merehabilitasi talud pantai Kolaka dan pantai Desa Hakakutobu, membangun saluran air di Desa Pesouha, melebarkan jembatan Desa Totobo serta mengaspal jalan yang menjadi akses transportasi masyarakat.

PT ANTAM UBPN Sultra telah menjalin kemitraan dengan berbagai instansi dan manfaatnya telah dirasakan oleh masyarakat Sulawesi Tenggara. Hal ini menunjukkan program-program community development telah berjalan dengan baik. Program CSR PT ANTAM UBPN Sultra sangat diharapkan untuk lebih diperluas lagi jangkauannya agar dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Sulawesi Tenggara. Selain itu, agar lebih dikenal masyarakat sebaiknya kegiatan program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) serta pengembangan masyarakat lebih disosialisasikan lagi melalui media cetak maupun daring.

 

Penulis: Neni Pengesti, S.Gz, MPH

Penulis adalah Dosen di Kampus Bina Husada Kendari

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.