5000 Siswa di Buton Latihan Menari Bersama di Takawa

SULTRAKINI.COM: BUTON – Sebanyak kurang lebih 5000 siswa dan siswi mulai dari tingkat SD hingga SMA mengikuti latihan menari bersama di Pelataran Komplesk Parkantoran Bupati Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) di Takawa, Kecamatan Pasarwajo, Kamis (23/8/2018) yang dimulai sekira pukul 15.00 wita.

Sekretaris Daerah Kabupaten Buton, La Ode Zilfar Djafar, mengatakan latihan bersama tersebut adalah latihan gabungan yang kali pertama dilakukan tahun ini setelah tahapan latihan telah dilakukan di setiap sekolah dan setiap zona pada tujuh kecamatan.

“Sekitar 5000 orang siswa ini yang latihan bersama mulai dari SD, SMP dan SMA,” kata Zilfar Djafar saat ditemui di lokasi kegiatan.

Dijelaskannya, ribuan siswa siswi tersebut, nantinya akan tampil pada acara puncak Festival Budaya Tua Tanggal 26 Agustus 2018 mendatang yang merupakan kali ke enam diselenggarakan oleh pemerintah setempat.

“Hari H nanti itu pada 26 Agustus, dan ini sudah yang ke enam kalinya dilaksanakan oleh pemerintah, ada beberapa tarian daerah yang ditampilkan,” ujarnya.

Zilfar menambahkan, salah satu tujuan dilaksanakannya festival tersebut antara lain mengangkat dan memperkenalkan Budaya Buton pada tingkat nasional bahkan mancenegara. Selain itu, dengan kegiatan itu, merupakan pembentukan karakter bagi siswa siswi tersebut agar lebih mengenal budayanya sendiri.

“Tujuan paling mendasar itu, yang pertama karena ini jugakan masih dalam rangka memperingati HUT proklamasi Indonesia, kemudian mengangkat budaya Buton ke kanca nasional maupun mancanegara,” jelasnya.

Laporan: La Ode Ali
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.