52 SMP Sederajat di Buton UN Berbasis Kertas

  • Bagikan
Peserta UN di SMPN 1 Pasarwajo di hari pertama ujian. (Foto: La Ode Ali/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BUTON – Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara laksanakan Ujian nasional tingkat Sekolah menengah Pertama sederajat di 52 sekolah.

“2.229 siswa di Buton ikuti ujian nasional dari 52 sekolah yang ada,” terang Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Buton, Usman saat dikonfirmasi di kantornya, Selasa (2/5/2017).

Dari 52 sekolah tersebut lanjut dia, belum ada satupun sekolah yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebabkan berbagai macam kendala, salah satunya belum didukungnya ketersediaan fasilitas komputer. Namun mereka telah siap ujian menggunakan kertas ujian. Terlebih lagi sebelumnya pihak sekolah telah melakukan pengayaan untuk mempermantap siswa mengertakan ujian.

(Baca: Sultra Tempati Urutan 30 Pelaksana UNBK Tingkat SMP Sederajat)

“Alasannya itu karena fasilitas belum mendukung seperti laptop dan masalah jaringan,” ujarnya.

Untuk standar kelulusan siswa ditentukan oleh masing-masing sekolah melalui rapat dewan guru dan komite. Usman juga berharap tingkat kelulusan siswa bisa mencapai 97 persen dibanding tahun lalu 95 persen.

Pelaksanaan UN dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 2,3,4 dan 8 Mei 2017 setiap pukul 10.30-12.30 Wita dengan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA.

Laporan: La Ode Ali

  • Bagikan