SULTRAKINI.COM: KENDARI - Sebanyak 696 mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, dilepas untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik pada Selasa (17/10/2017). Pelepasan dilaksanakan di halaman Rektorat UHO, dihadiri Rektor, Dr. Muhammad Zamrun.
696 Mahasiswa UHO Ikuti KKN Tematik
Mahasiswa KKN Tematik UHO saat pelepasan di halaman gedung rektorat, Selasa (17/10/2017). (Foto: Mita/SULTRAKINI.COM)

Pada pelaksanaan pengabdian masyarakat tahun 2017 ini, mahasiswa akan berada di lapangan selama 30 hari, mulai dari 17 Oktober sampai 16 November 2017. Mahasiswa yang mengikuti KKN Tematik berasal dari berbagai jurusan dan fakultas di Universitas Halu Oleo.

Lokasi KKN Tematik berada di empat kabupaten dan kota, yaitu Kota Kendari 20 kelurahan, Kabupaten Konawe 9 desa, Konawe Selatan 11 desa dan Muna Barat 2 desa.

Ketua Panitia KKN Tematik 2017, Dr. Nanik Hindrayatiningsih mengatakan, KKN Tematik adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan di UHO, yang akan dibimbing oleh 130 dosen. "Para dosen akan mengarahkan dan menyusun program kegiatan di lapangan," jelasnya.

Untuk diketahui, KKN Tematik adalah Kuliah Kerja Nyata yang orientasi program kegiatannya terfokus pada bidang tertentu sesuai dengan permasalahan kemasyarakatan dan arah kebijakan pembangunan yang diselenggarakan pemerintah wilayah yang bersangkutan. KKN Tematik biasanya berbasis problem solving untuk memecahkan masalah dengan tema tertentu, sehingga kegiatan mahasiswa terfokus untuk mengatasi masalah tertentu dan untuk mencapai target tertentu.

Ciri KKN Tematik diantaranya, relevan dengan program pembangunan daerah atau pemerintah pusat, relevan dengan kebutuhan masyarakat, dan relevan dengan visi, misi, renstra, kepakaran, dan IPTEKS yang dimiliki kampus. 

Laporan: Mita

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations