77,1 Persen Retribusi Perizinan Masuk PAD Wakatobi

  • Bagikan
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Wakatobi, Djufri (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara saat ini telah mencapai target retribusi perizinan sebesar 77,1 persen sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Dari target retribusi perizinan sebesar Rp 315.600.000, saat ini telah terealisasi sebesar Rp 245.280.808,”k ata Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Wakatobi, Djufri, Senin (31/7/2017).

Paling banyak menyumbang retribusi adalah Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yaitu sebesar Rp 167 juta. Kedua, surat izin gangguan dan biasa juga disebut HO (Hinderordonnantie) sebesar Rp 98 juta, serta izin lainnya. 

“Ini tandanya masyarakat Wakatobi sudah sadar akan pentingnya IMB dalam suatu bangunan,” ujar Djufri.

“Dari target 410 izin yang harus diselesaikan tahun ini, kami terbitkan sudah 373 surat izin,” ungkapnya.

Hal ini dikarenakan prosedur perizianan disederhanakan menjadi satu pintu yaitu berada di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Wakatobi. 

“Dulu kalau ada investor mau bangun usaha di Wakatobi banyak dinas yang harus mereka lalui, namun sekarang sudah tidak lagi. Sesuai dengan Peraturan Bupati Wakatobi Nomor 20 Tahun 2017, maka sudah 78 jenis izin didelegasihkan ke kami,” jelasnya.

Laporan: Amran Mustar Ode

  • Bagikan