89 Desa di Konut akan Pilkades Serentak

SULTRAKINI.COM: KONAWE UTARA – Sebanyak 89 desa di Kabupaten Konawe Utara (Konut) bakal pemilihan kepala desa serentak pada Oktober 2019, usai penetapan APBD Perubahan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Konut, Safruddin, menerangkan anggaran pilkades akan dianggarkan ke APBD-P karena belum diporsikan dalam APBD reguler tahun ini. Total anggaran pilkades diusulkan, yaitu lebih dari Rp 1 miliar. Dana ini sudah termasuk tahapan dan pelatihan selama penyelenggaraan kegiatan tersebut.

“Pelaksanaan pilkades serentak kita agendakan sekira bulan Oktober usai penetapan APBD Perubahan,” terang Safruddin, Selasa (23/7/2019).

Dari total penyelenggara pilkades, 49 kades di antaranya telah habis masa jabatan beberapa waktu lalu dan kades meninggal dunia.

“Ditambah tiga desa karena kepala desanya tersandung kasus hukum, serta 37 desa lainnya karena jabatan kepala desanya berakhir 5 Januari 2020 untuk efisiensi waktu. Tapi untuk sisa masa jabatan mereka belum ada kepastian. Sementara kita godok apakah mereka diberikan hak cuti atau ada pelaksana nantinya,” Tambahnya

DPMD berharap, adanya rencana pilkades serentak tidak mengganggu kinerja kades dan tetap konsisten dengan apa yang sudah direncanakan dalam APBDes.

Laporan: Arifin Lapotende
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.