SULTRAKINI.COM – Abdul Manan dan Revolusi Reza alias Revo terpilih sebagai Ketua Umum (Ketum) dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) AJI Indonesia periode 2017-2020, pada Kongres X Aliansi Jurnalis Independen (AJI) di Hotel Sunan, Solo, Jawa Tengah, Senin (27 November 2017) dinihari.

Abdul Manan dan Revolusi Reza Pimpin AJI 2017-2020
Abdul Manan dan Revolusi Reza.

Manan adalah redaktur majalah Tempo, sedangkan Revo menjabat sebagai Newsgathering Head di CNN Indonesia. Keduanya menggantikan Suwarjono dan Arfi Bambani selaku Ketum dan Sekjen AJI Indonesia periode 2014-2017.

Manan memprioritaskan tiga hal dalam dalam memimpin AJI ke depan, yakni peningkatan kapasitas AJI Kota, peningkatan kompetensi anggota AJI dan meningkatkan posisi tawar AJI.

Peningkatan kapasitas AJI Kota, akan dilakukan dengan memperbanyak kegiatan pelatihan, menciptakan metodologi pembelajaran yang sistematis dan menyusun modul-modul pelatihan keorganisasian.

Terkait peningkatan kompetensi anggota AJI, Manan akan melakukan berbagai pelatihan skill jurnalisme dan menyusun modul-modul pelatihan wartawan. ''Bila keterampilan bertambah, maka posisi tawar jurnalis juga akan meningkat,'' kata Manan dalam sambutan perdannya.

Untuk meningkatkan posisi tawar AJI, lanjut Manan, pihaknya akan memaksimalkan sosialisasi program yang sudah dan akan dijalankan. Kemudian, juga akan memanfaatkan para alumni AJI yang menduduki jabatan strategis di berbagai lembaga.

''Baru-baru ini calon yang kita usulkan tidak lolos dalam seleksi pemilihan komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Kita perlu mencari tahu, apakah strategi kita salah atau kita sudah benar,'' sebutnya.

Sementara Revo mengatakan, AJI merupakan rumah bagi semua anggota AJI, yang perlu dibangun, dijaga dan dibesarkan bersama-sama. ''AJI ini rumah kita. Mari kita bangun, kita jaga dan kita besarkan bersama-sama. Saya perlu belajar banyak kepada teman-teman pengurus AJI Indonesia periode sebelumnya,'' ujarnya. 

Kongres X AJI Indonesia Senin dinihari juga memilih lima anggota Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) AJI Indonesia periode 2017-2020. Yang terpilih adalah: Dandhy Dwi Laksono (AJI Jakarta), Hasan Basril (AJI Pekanbaru), Nurdin Hasan (AJI Banda Aceh), Abdi Purnomo (AJI Malang) dan Sunarti Sain (AJI Makssar).**

IKLAN KPU IKLAN LION

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations