Abdurrahman Saleh Pimpin PAN Sultra, Ini Tanggapan Pengamat Politik

  • Bagikan
Dr. Muhammad Najib Husain. (Foto: Didul Interisti/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Dipilihnya Abdurrahman Saleh sebagai Ketua DPW PAN dianggap sebagai keputusan terbaik bagi partai matahari terbit tersebut di Sulawesi Tenggara. Hal ini dikatakan Pengamat Politik Sulawesi Tenggara, Muhammad Najib Husain, kepada SultraKini.Com melalui telepon selulernya, Jumat (4/8/2017) malam.

Dikatakannya, dengan Abdurrahman Saleh sebagai Ketua DPW PAN akan merangkul semua kubu yang ada di tubuh PAN Sulawesi Tenggara. Pasalnya, lanjut Najib, pasca Nur Alam tak menjadi ketua di Muswil Februari 2016 lalu, PAN diisukan terpecah.

“Dengan Abdurrahman Saleh menjadi Ketua DPW, ini menjadi pilihan terbaik untuk merangkul kubu-kubu yang ada di PAN Sultra. Sebab kalau Asrun ataupun Kery yang jadi ketua, maka friksi di PAN Sultra bisa semakin tajam. Dengan posisi Abdurrahman Saleh saat ini, PAN yang diprediksi orang akan pecah itu kemungkinan tidak akan terjadi,” kata doktor jebolan Universitas Gadjah Mada ini.

Dosen Pascasarjana Universitas Halu Oleo ini mengatakan dengan posisi Abdurrahman Saleh menjadi Ketua DPW PAN Sulawesi Tenggara, akan lebih fokus memenangkan semua kader partai tersebut bertarung di Pilkada 2018. “Sebab dia tidak terlibat sebagai pemain. Jadi dia bisa lebih fokus mengontrol semua kader PAN yang tampil di pilkada,” jelasnya.

Menurutnya, meski memiliki gaya memimpin berbeda dengan Nur Alam dan Samsu Umar Abdul Samiun, tetapi Abdurrahman Saleh bisa menjadi harapan baru bagi PAN di Pilkada 2018 dan Pilcaleg 2019 mendatang.

Namun, ia juga menduga kalau terpilihnya Abdurrahman Saleh sebagai bentuk bargaining politik di antara kader PAN untuk saling membagi posisi yang ada. “Asrun misalnya maju di pilgub mendapatkan rekomendasi PAN. Kery mendapatkan rekomendasi untuk pilbup,” tandasnya.

Abdurahman Saleh diputuskan secara aklamasi memegang jabatan Ketua DPW PAN Sulawesi Tenggara menggantikan Samsu Umar Abdul Samiun. Keputusan ini berdasarkan rapat internal tertutup yang dipimpin Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan di ruang VIP Bandara Halu Oleo, Jumat (4/8/2017) sore.

Laporan: Didul Interisti

  • Bagikan