Abdurrahman Shaleh Kembali Pimpin DPRD Sultra

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pimpinan defenitif pimpinan Dewan Perwakikan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara periode 2019-2024, Abdurrahman Shaleh resmi dilantik, Senin (7/10/2019). Ketua Pengadilan Tinggi Sultra, Charis Mardiyanto turut hadir sekaligus memimpin proses tersebut.

Charis Mardiyanto hadir memandu jalannya pelantikan ketua DPRD Sultra, mulai dari pembacaan sumpah janji, kemudian penandatanganan berita acara pelantikan, dan pengambilan sumpah janji.

Dalam proses itu, Abdurrahman Shaleh ditetapkan sebagai ketua DPRD Sultra, sementara wakil ketua dijabat oleh Herry Asiku, Muh Endang, dan Nursalam Lada.

Penetapan pimpinan defenitif DPRD Sultra berdasarkan SK Menteri Dalam Negeri Nomor 161.74-5396 Tahun 2019 tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan DPRD Sultra. SK ini dibacakan langsung oleh Plt Sekretaris DPRD (Sekwan), Trio Prasetio Prahasto.

(Baca juga: Anggota DPRD Sultra Dilantik, Abdurrahman Saleh Terima Palu Sidang)

Abdurrahman Shaleh berharap agar adanya saling pemahaman dalam membangun relasi yang baik antara DPRD dengan pemerintah daerah demi pelaksanaan kebijakan daerah yang lebih tersampaikan dan terlaksana sebagimana visi dan misi pembangunan daerah yang tertuang dalam rencana pembangunan daerah. DPRD akan mendukung kebijakan Pemda untuk kemajuan dan kesejahteraan rakyat.

“Setelah seluruh pranata kelembagaan internal DPRD terbentuk, DPRD akan melaksanakan perannya lebih optimal. Relasi yang baik adalah relasi yang disandarkan pada kesadaran bahwa DPRD dan Pemda adalah dua institusi yang wajib bermitra untuk kepentingan pembangunan daerah. Saling pengertian dan kesepahaman akan melahirkan keharmonisan dan sinergi,” ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Sultra, Ali Mazi, mengatakan hubungan harmonisasi antara Pemda dengan DPRD selalu terjaga dengan baik.

“Sultra yang begitu banyak potensi daerahnya harus dikelola dengan baik. Demikian diperlukan kerja sama dan harmonisasi yang baik dengan DPRD,” jelas Ali Mazi.

Sebelumnya, DPRD Sultra periode 2014-2019 diketuai oleh Abdurrahman Saleh, sementara wakilnya diisi oleh Wahyu Ade Pratama Imran, Muh Endang, dan Nursalam Lada.

Laporan: La Niati
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.