Abu Haera Terpilih Nahkodai KONI Konut 

  • Bagikan
Abu Haera (kemeja putih) saat Muscalub KONI Konawe Utara (Foto: Ist)
Abu Haera (kemeja putih) saat Muscalub KONI Konawe Utara (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KONAWE UTARA – Wakil Bupati Konawe Utara terpilih Pilkada 9 Desember 2020 lalu, Abu Haera dipercaya memimpin Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Kabupaten Konawe Utara (Konut), pada Musyawarah Cabang Luar Biasa (Muscalub) penggantian antar waktu (PAW) Ketua KONI periode 2017-2021, Selasa (26/1/2021).

Abu Haera terpilih sebagai penganti antar waktu (PAW) Ketua KONI Konawe Utara, pasca Martaya mengudurkan  dari Sekertaris Daerah (Sekda) Konut, sekaligus mengudurkan diri dari Ketua KONI. Sehingga Pemkab Konut melalui pengurus KONI melaksanakan Muscalub.

Pada saat Muscalub, masing-masing pengurus cabang olahraga (Pengcab) sepakat memilih Abu Haera untuk memimpin KONI menggantikan Martaya periode 2017-2021.

Bupati Konawe Utara, Ruksamin mengatakan pemilihan PAW dilakukan karena Ketua KONI telah mengudurkan diri, sehingga untuk mengefektifkan kembali kinerja seluruh pengurus KONI perlu adanya evaluasi kepengurusannya.

“Dengan mengudurkannya Martaya, berdasarkan surat yang ditulis, otomatis kepengurusan yang ada tidak efektif lagi, sehingga untuk kembali mengefektifkan kinerja para pengurus perlu kita lakukan penggatian antar waktu ketua KONI,” kata Ruksamin, usai Muscalub di Aula Anawaingguluri, Selasa sore (26/01/2021).

Terlebih lagi, lanjut Mantan Ketua DPRD itu, Tahun 2022 akan menghadapi Porprov, sehingga persiapan perlu dilakukan agar semua cabang olahraga dan atlet siap untuk bertanding.

“Semuanya perlu kita siapkan, khususnya dibidang ke olahragaan kita di Konut, sesuai dengan misi Pemda yaitu Konawe Utara yang sejahtera dan berdaya saing. Jika waktu Porprov di Kolaka kita berada di posisi urutan ke enam maka Porprov nanti Konut harus berada diurutan di atas dari itu,” ucap Ruksamin.

Sementara itu, Ketua PAW KONI Konut Abu Haera mengucapkan terima kasih atas kepercayaan seluruh Pengcab memilih dirinya untuk menahkodai KONI.

“Trima kasih atas kepercayaanya, semoga amanah ini dapat kami laksanakan sebagaimana mestinya, tentunya jabatan ini tidak bisa saya laksanakan sendiri tanpa bantuan dan dukungan dari Pengcab yang ada,” tutur Abu Haera.

Oleh sebab itu, lanjut Mantan Sekda Konut itu, selaku pengurus baru dan di percaya menjadi ketua, ia mengharapkan kerja sama yang baik, dalam rangka melaksanakan seluruh tanggung jawab di KONI untuk mencapai target di Porprov 2022 nanti.

“Kita akan menyusun kembali seluruh kepengurusan, saya inginkan jangan hanya ada nama, namun wujud dan kinerjanya tidak ada di lapangan, ini yang perlu kita benahi, kita ganti yang sudah tidak aktif karena untuk mencapai target apa yang telah di sampaikan Pak Bupati, itu harus kerja yang maksimal,” tutupnya. (B)

Laporan: Aripin Lapotende
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan