SULTRAKINI.COM:KENDARI - Wali Kota Kendari, Adriatma Dwi Putra (ADP) dikukuhkan sebagai bangsawan Kerajaan Laiwoi Kendari di Aula Bertakwa Kantor Wali Kota Kendari, Senin (13/11/2017).

ADP Dikukuhkan Sebagai Bangsawan Kerajaan Laiwoi Kendari
Ketgam: Prosesi adat pengukuhan ADP sebagai bangsawan Kerajaan Laiwoi Kendari. (Foto: Didul Interisti/SULTRAKINI.COM)

ADP diberi gelar Anakia Pombodisino Lipuwuta i Kandari yang berarti Seorang Bangsawan Yang Memimpin Bangsa Kendari. Dalam prosesi adat ini, ADP dikukuhkan langsung oleh Raja Kerajaan Laiwoi, H. Irwan Tekaka Sao-sao.

Selain itu, juga dilakukan pengukuhan Pengurus Dewan Adat Kerajaan Laiwoi Kendari. Kegiatan ini mengangkat tema merajut sinergitas menuju ketahanan budaya dan bangsa.

Dalam sambutannya, ADP mengapresiasi terbentuknya pengurus dewan adat ini. Menurutnya hal ini dapat menjadi perwujudan pelestarian budaya di Kota Kendari.

"Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap terbentuk sinergitas antara pemerintah dan masyarakat adat untuk memajukan kebudayaan nasional di daerah," katanya.

Selain itu, Sekretaris DPW PAN Sulawesi Tenggara juga berharap agar dewan adat ini dapat memotivasi masyarakat adat di daerah untuk kembali memikirkan langkah strategis dalam pengembangan budaya lokal. Juga berperan mendorong pengembangam kebudayaan nusantara.

"Ini juga dapat menjadi sarana silaturahmi dalam upaya mewujudkan persatuan dan kesatuan di daerah khususnya di Kota Kendari," tandas ADP.


Laporan: Didul Interisti

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations