Pilkada koltim

Adriatma-Sulkarnain Programkan Peningkatan Teluk Kendari

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Teluk Kendari telah menjadi salah satu identias Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Agar identitas ini tidak hilang, perlu adanya pengembangan dalam bentuk peningkatan fungsi dan pemanfaatan.

Sekretaris PAN Sulawesi Tenggara sekaligus Calon Walikota Kendari Periode 2017-2022 nomor urut 2, Adriatma Dwi Putra, menyebutkan ada dua langkah yang harus dilakukan untuk peningkatan fungsi Teluk Kendari ke depannya. Yakni langkah preventif dan kuratif.

“Kota Kendari ke depan tentu tidak boleh kehilangan identitas, dengan teluknya ini

saya akan fokus dalam langkah kuratif. Yakni memperbaiki Teluk Kendari, dalam hal ini mengeruk kembali agar sedimentasi bisa berkurang, sehingga betul-betul area ini bisa mengalirkan aliran sungai dengan baik,” jelas Adriatma yang merupakan alumni Fakultas Teknik Unpar Bandung ini.

Di pemerintahan Asrun-Musadar, Teluk Kendari menjadi smart point. Programnya, di sana nanti banyak fasilitas tersedia, baik wisawa kuliner, hiburan, air mancur, dan lainnya. “Ke depan insyaallah akan melanjutkan program-program yang hari ini telah digagas, nanti akan kami tuntaskan,” ujar calon walikota pasangan Sulkarnain Kadir ini.

Kawasan teluk nantinya akan menjadi sentral pembangunan berkonsep hijau. Teluk Kendari akan menjadi pusat Wisata Ekologi dan Edukasi, Wisata Bahari, Wisata Olah Raga Air serta pusat Wisata Kuliner. Potensi wisata di kawasan ini cukup menjanjikan, bila didorong kuat, akan meningkatkan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Pilkada

Saat ini, seputar kawasan Teluk Kendari telah menjadi pusat pembangunan. Seperti kantor DPRD Kota Kendari yang baru, sedang dibangun persis menghadap teluk. Hotel-hotel berbintang juga sangat menyukai lokasi ini karena view yang menarik bagi pelanggan. Tempat rekreasi dan olahraga sudah mulai terarah ke kawasan teluk. Ini menunjukkan bahwa Teluk Kendari memiliki potensi pengembangan yang besar.

Pekerjaan selanjutnya adalah memanfaatkan potensi ini untuk kepentingan publik. Seperti membangun pusat Ekologi dan Edukasi di kawasan teluk. Adanya hutan bakau di teluk mendukung upaya pembangunan pusat ekologi.

Untuk Wisata Olahraga Air, pemerintah ke depannya menggandeng pengusaha untuk membangun pusat olahraga air di kawasan teluk, terutama jenis olahraga yang potensial untuk pengembangan atlet, seperti dayung, kano, renang, termasuk olahraga yang bernilai ekonomis misalnya Jet Sky, Banana Boat, dan lainnya.

Kawasan pesisir teluk akan menjadi pusat pameran dan wisata kuliner lokal. Pengusaha skala besar, UMKM termasuk usaha kreatif akan berkembang secara terpusat di wilayah ini. Sehingga berbicara teluk, akan terarah pada wisata dan olahraga.

“Untuk mewujudkan peningkatan itu, tentu pasti dipihakketigakan supaya betul-betul bisa ditangani secara profesional,” kata Adriatma Dwi Putra kepada SULTRAKINI.COM, belum lama ini.

Editor: Gugus Suryaman

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.