SULTRAKINI.COM: Menjaga kesehatan termasuk resolusi tahun baru yang populer di lakukan orang-orang. Apakah dengan diet atau olahraga. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencapai hal tersebut. Namun demikian hanya sedikit orang yang mungkin bisa menjalankan resolusi tersebut karena berbagai alasan. Bisa karena tidak tahu harus mulai dari mana atau bisa juga perubahan gaya hidupnya terlalu ekstrem hingga sulit terus diterapkan.
Agar Lebih Sehat di Tahun 2018, Lakukan Hal Ini
ilustrasi (Foto: thinkstock)

Dikutip dari berbagai sumber, ada lima hal sederhana yang bisa kamu coba untuk hidup lebih sehat di tahun baru 2018.

1. Minum lebih banyak air

Satu hal yang sering dilupakan oleh banyak orang adalah kebutuhan tubuhnya terhadap cairan. Seseorang mungkin tidak sadar bahwa dirinya mengalami dehidrasi dan ini bisa berpengaruh terhadap banyak hal mulai dari berkurangnya kemampuan otak hingga kulit yang terlihat kering dan kusam. Di tahun baru coba mulai terapkan kebiasaan minum air putih sebagai pengganti cairan tubuh.

Selain sehat studi melihat dengan rajin minum air putih salah satu manfaat yang bisa dirasakan adalah penurunan berat badan. Menurut Eric Rimm dari Harvard School of Public Health mengapa hal ini terjadi kemungkinan karena kita jadi menjauhi kalori ekstra dari minuman manis.

2. Tidur teratur

Kalau sepanjang tahun 2017 kamu biasa untuk begadang atau tidur tidak teratur, nah mulai tahun baru coba hentikan hal tersebut. Tidur adalah kebutuhan setiap orang yang tidak bisa disepelekan dan berbagai studi telah melihat kurang tidur dapat membawa berbagai macam dampak buruk.

Efek jangka pendeknya seseorang bisa lebih sulit untuk konsentrasi, lemas, dan mengalami ketidakstabilan emosi. Efek jangka panjangnya kurang tidur meningkatkan risiko penyakit katastropik seperti kanker dan jantung.

Seseorang bisa mengatur jam tidurnya dengan berbagai cara mulai dari mengurangi paparan cahaya terang di malam hari, hindari makan larut malam, membuat kamar lebih nyaman, hingga dengan teknik meditasi.

3. Cari olahraga yang menyenangkan

Mulai olahraga. Hal ini mungkin sering jadi omongan orang-orang tapi jarang terealisasi. Nah agar tekad untuk olahraga di tahun baru ini tidak hanya jadi 'sekedar omongan' maka jangan terlena mengikuti yang sedang tren.

Jika hanya olahraga hanya karena mengikuti tren akan sulit untuk melakukannya di masa depan dan bisa terasa seperti beban. Oleh karena itu kunci agar olahraga bisa terus dilakukan sepanjang tahun adalah dengan mencari olahraga apa yang kamu sendiri menyukainya.

4. Perbanyak buah dan sayur

Mulai diet sehat di tahun 2018 dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Kalau mengikuti tren diet tertentu sulit, maka lakukan perlahan dengan membatasi secara sederhana apa saja yang masuk ke mulut.

Dengan lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur perut otomatis jadi lebih sering terisi dengan serat-serat menyehatkan. Dampaknya kamu jadi bisa lebih sering merasa kenyang dan malas untuk makan hal lain seperti gorengan atau camilan lainnya.

5. Temukan hobi baru

Di tahun 2018 coba cari hobi menyenangkan baru untuk dilakukan. Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik sehingga tidak ada salahnya untuk kita selalu memiliki banyak cara bahagia.

Bila kamu merasa stres, depresi, atau kewalahan di tengah kesibukan sehari-hari maka cari waktu untuk istirahat dan lakukan hobi.


Sumber: detik.com

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations