Ahmad Safei Tegaskan Penutupan Tambang Emas Ulunggolaka

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Bupati Kolaka, Ahmad Safei tegaskan akan menutup penambangan emas yang masuk dalam kawasan Konservasi Sumber Daya Alam, Kelurahan Ulunggolaka, Kecamatan Latambaga.

Ia menilai kedatangan para penambang emas hanya euforia masyarakat yang penasaran dengan penemuan lokasi tersebut. Bahkan masyarakat lebih banyak kembali ke daerahnya dibandingkan penambang yang berdatangan. Sehingga aktivitas penambangan emas akan ditutup demi kelangsungan ekosistem kawasan hutan.

“Buktinya sudah banyak yang pulang dari lokasi karena hasilnya yang tidak ada, banyak yang datang tapi lebih banyak yang pulang. Kawasan tambang segera kami hentikan karena itu dilarang,” tegas Ahmad Safei, usai menghadiri peresmian Gedung Korem 143/HO di Kota Kendari, Kamis (27/04/2017).

(Baca: Aktivitas Tambang Emas Ulunggolaka Picu Kerusakan Hutan Konservasi)

Dikabarkan sebelumnya, penemuan lokasi tambang emas Ulunggolaka sempat menarik perhatian masyarakat setempat maupun daerah lain. Akibatnya, keseimbangan ekosistem hutan mulai terganggu dengan banyaknya masyarakat mendirikan tenda-tenda penginapan di kawasan hutan. begitu juga aktivitas penambangan mereka yang ditemukan menggunakan bahan kimia berbahaya.

Tanggapan untuk menghentikan penambangan emas juga direspon pihak Polda Sultra yang menyatakan aktivitas itu termasuk tindak pidana illegal mining atau penambangan ilegal.

(Baca juga: Polda Sultra: Aktivitas Tambang Emas Ulunggolaka Ilegal)

Laporan: Sulham Tepamba

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.