SUARA

Akhir Maret, Diskepora Sultra Seleksi Pertukaran Pemuda Indonesia-Korea

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Diskepora) Sultra akan segera melaksanakan seleksi pertukaran pemuda antar negara (PPAN), yakni Indonesia-Korea Selatan. Kegiatan tersebut rencananya akan dilaksanakan pada akhir Maret 2020 mendatang.

Kabid Pemberdayaan Pemuda Diskepora Sultra, La Tandowele, menyampaikan bahwa seleksi akan dilaksanakan selama tiga hari, yakni pada 27-29 Maret 2020. Proses seleksi akan dilaksanakan oleh Diskepora Sultra dengan usia 24 tahun setelah program dan semua berdomisili di Sultra.

“Saat ini, kami terus melakukan sosialisasi di kabupaten/kota dan beberapa perguruan tinggi untuk mencari peserta dalam program pertukaran pemuda antar negara. Hanya untuk diketahui, untuk program Indonesia- Korea Selatan hanya satu kuota untuk Sultra,” ungkapnya, Senin (16/3/2020).

Dia menambahkan untuk program pertukaran pemuda Indonesia-Korea Selatan hanya untuk 15 provinsi terpilih, salah satunya adalah Sultra.

“Kami berharap bisa mendapat kuota tambahan untuk pertukaran pemuda untuk dengan negara lainnya,” ujarnya.

yamaha

Dia menjelaskan, untuk persyaratan peserta wajib memguasai bahasa asing, sehat jasmani dan rohani. Selain itu mereka memiliki potensi akademik dan pengetahuan umum yang bagus, memiliki pengetahuan budaya dan menjalani tes psiko.

“Yang jelasnya ada delapan tahapan tes yang mesti dilewati para peserta, hanya saja tidak bisa disebutkan satu-persatu,” katanya.

Kadiskepora Sultra, Ashar, berharap agar proses seleksi dilaksanakan secara ketat. Hal tersebut untuk memastikan bahwa duta Sultra mampu mengharumkan nama Sultra dan Indonesia selama program pertukaran pemuda dilaksanakan.

“Kami berharap proses seleksi berjalan sesuai yang diharapkan dan mereka yang terpilih memiliki bakat dan prestasi yang bagus,” tutupnya.

Laporan: Muh Yusuf
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.