Aksi Drone Sempat Ganggu Atraksi Sukhoi di Halo Sultra

  • Bagikan
Atraksi Sukhoi di lokasi Halo Sultra 2017 di MTQ Square Kendari. (Foto: Nova Eliza/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Ada saja orang iseng dengan kemampuannya, hingga tak sadar bisa membahayakan orang lain. Seperti yang terjadi pada puncak perayaan hari ulang tahun Provinsi Sulawesi Tenggara ke-53, Kamis (27/4/2017), di lokasi Halo Sultra 2017, di MTQ Square Kendari.

Sebuah kamera Drone atau pesawat tanpa awak (Unmanned Aerial Vehicle atau disingkat UAV), berkeliaran di atas lokasi upacara HUT Sultra, yang juga menjadi area lintasan atraksi pesawat tempur Sukhoi milik TNI Angkata Udara.

Akibatnya, atraksi pesawat Sukhoi terhambat sekitar 20 menit dari jadwal yang seharusnya dilakukan sekitar pukul 10.00 Wita. Hal ini memancing emosi Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal Mulyono, yang menjadi inspektur upacara.

Kasad mengintruksikan para anggota TNI, agar mencari pemilik drone tersebut untuk diamankan dan dibawa ke podium utama jika ditemukan. Sebab, menurutnya, jika drone masih berkeliaran di udara lokasi pesawat melintas, maka akan merusak sistem informasi pesawat hingga dapat mengakibatkan kecelakaan.

Parahnya, selama 20 menit di udara itu, drone justru memutar-mutar dan naik makin tinggi di atas lokasi upacara hingga warga pun berteriak mencari pemiliknya.

Untungnya, drone tersebut akhirnya menyingkir dan dikabarkan mengarah ke Wuawua. Namun tak diketahui siapa pemiliknya dan dari mana dikendalikan. Setelah itu, drone tak muncul lagi.

Menurut warga, hal tersebut merupakan tindakan secara sengaja. Karena meski sudah diumumkan melalui pengeras suara untuk menurunkannya, sang pemilik tidak menggubris.

“Ini sepertinya disengaja untuk menghalangi berlangsungnya atraksi, ini perbuatan yg kurang ajar kalau bisa ditembak saja dronenya,” ujar salah seorang warga, Hendro yang kesal.

Laporan: Nova Eliza

  • Bagikan