Alasan Mendikbud RI ke Wakatobi

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Muhadjir Effendy bersama Ketua Umum (Ketum) Muhammadiyah, Haedar Nashir melakukan Kunjungan Kerja (Kungker) ke Wakatobi selama dua hari, Minggu (2/04/2017).

Rombongan Mendikbud tiba di Bandara Matahora Wakatobi sekitar pukul 10.30 Wita bersama rombongan, yaitu Dirjen Dikdasmen Hamid Muhammad, Dirjen PAUD Harris Iskandar, Kepala Puspendik, Direktur PKLK, Direktur Kesenian, Direktur PCBM, Direktur SMK, Staf khusus dan Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (BKLM). Kedatangannya itu langsung disambut oleh ratusan siswa siswi SD, SMP, SMA dan SMK yang berpakaian adat Buton.

Kepala Sub Bidang Komunikasi Publik, Bidang Protokoler, Komunikasi Publik dan Kerjasama Sekretariat Daerah Wakatobi,  Riky Desriwanto mengatakan, berdasarkan jadwal, pada pukul 11.00-11.20 Wita Mendikbud dan Ketum Muhammadiyah akan meletakan batu pertama Universitas Muhammadiyah Wakatobi (UMW).

Peletakan batu pertama ini dihadiri oleh Bupati Wakatobi Arhawi, Wakil Bupati Wakatobi Ilmiati Daud, Sekda Wakatobi Muh. Ilyas Abibu, Lanal Sultra, Kapolres Wakatobi dan sejumlan kepala SKPD.

Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Wakatobi, Zakaria mengatakan, sejak 2011 piahlnya telah mengusulkan pendirian UMW. Tetapi Kendala selama ini adalah tenaga pengajar dan pertanggungjawabatan keuangan.

“Kita terkendala 60 dosen yang harus dipersiapkan saat mendirikan Universitas, sehingga dengan adanya MoU antara Pemda Wakatobi bersama UAD Yogyakarta dan UM Kendari bisa mempermudah pendirian UMW,” Katanya, Minggu (2/04/2017).

Pihaknya pun berbangga dan berterimakasi kepada Pemda Wakatobi telah menghadirkan Ketum Muhammadiyah dan Mendikbud untuk melakukan peletakan batu pertama UMW.

“Kami sangat berharap pembangunan UMW dipercepat. Karena setiap tahunnya ratusan masyarakat Wakatobi keluar daerah untuk berkuliah,” harapnya.

Mendikbud juga dijadwalkan berkunjung ke Cagar Budaya Benteng Keraton Biya. Kemudian melantik Pimpinan Daerah Muhammadiyah Wakatobi. Serta dialog bersama para guru, kepala sekolah, pemerhati pendidikan dengan tema Pelaksanaan UN 2017.

SMA Muhammadiyah Terapung juga menjadi tujuan Muhadjir, sekaligus pengecekan logistik soal Ujian Nasional. 

Pukul 19.30 Wita akan dilangsungkan ramah tamah dengan Pemkab Wakatobi bersama PP Muhammadiyah. Muhadjir akan mengulas terkait percepatan pendirian UMW serta pendatangan MoU antara pemkab Wakatobi dengan UAD Yogyakarta dan UM Kendari.

Tanggal 3/04  sekitar pukul 06.00 Wita sampai 07.00 Wita, menteri bersama rombongan akan sidak di sekolah yang menjalani Ujian Nasional.

Laporan: Amran Mustar Ode

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.