Ali Mazi Dukung Pembangunan Bandara Kolaka Utara

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Rencana pembangunan bandar udara Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) mendapat sambutan baik dari Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi. Pada usia ke 26 tahun Kolut, rencana pembangunan bandar udara dalam program jangka pendek dan menengah Pemkab Kolut.

Bupati Kolaka Utara, Nur Rahman Umar, mengatakan program jangka pendek dan menengah Pemkab Kolut lebih fokus pada perencanaan dan pelaksanaan pembangunan bandara.

“Sekarang kami telah anggarkan untuk pembebasan lahan tahap pertama sebesar Rp 14,5 miliar, dengan luas lokasi 30 Ha,” ujarnya, Selasa (7/1/2020).

Nur Rahman Umar katakan, kontur tanah lokasi pemangunan bandara udara Kolut hampir sama dengan kontur di Bandara Ngurahrai Denpasar Bali dan Balikpapan.

“Adapun kontur lokasi bandara berada pada posisi pesisir pantai di Desa Lametuna dan Kalu-Kaluku, Kecamatan Kodeoha,” jelasnya.

Gubernur Sultra, Ali Mazi, mengaku mendukung rencana Pemkab Kolut membangun bandar udara sendiri, karena perjalanan menuju Kolut dari ibu kota provinsi cukup membutuhkan jarak tempuh delapan jam.

“Perjalanan dari Kota Kendari menuju Kolaka Utara faktanya cukup melelahkan mencapai kurang lebih delapan jam, sehingga rencana Bupati Kolaka Utara untuk membangun bandara di Kolaka Utara, saya atas nama Gubernur Sultra dan masyarakat Sultra prinsipnya mendukung untuk segera dilaksanakan pembangunan bandara,” tuturnya.

Menurut Ali Mazi, rencana pembangunan bandara sebagai pendukung percepatan program dan kegiatan otonomi daerah di Kolaka Uatara, seperti sektor pariwisata, pertambangan dan energi. Namun demikian, pembangunan bandar udara harus didukung oleh masyarakat.

“Tanpa sarana dan prasarana bandar udara yang permanen, sudah pasti daerah tersebut perkembangannya sangat lamban dan kurang berdaya saing,” jelasnya.

Laporan: La Niati
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.