SUARA

Alumni Agroteknologi UHO Bagi Paket Sembako

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Sebagai upaya mendukung kebijakan pemerintah dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disiase atau Covid-19 di Sulawesi Tenggara, Kota Kendari khususnya, Ikatan Alumni Agroteknologi (IAA), Fakultas Pertanian, Universitas Halu Oleo, membagikan ratusan paket sembako secara gratis kepada masyarakat tani dan masyarakat kurang mampu atau kaum dhuafa yang terkena dampak Covid-19, Kamis (23/4/2020).

Bantuan paket sembako ini bersumber dari donasi para alumni agroteknologi yang turut bersimpati dengan keadaan saat ini ditengah-tengah mewabahnya Covid-19. Sebagian bantuan ini juga bersumber dari donasi masyarakat umum yang disalurkan melalui open donasi yang dibuka oleh IAA, sejak 5 sampai 23 April 2020.

Koordinator Penggalangan Donasi, Asri Razad, mengatakan bahwa pembagian paket donasi ini merupakan bentuk kepedulian IAA dengan adanya wabah Covid-19 terhadap keadaan masyarakat saat ini yang dianjurkan harus tetap stay di rumah.

“Olehnya itu, kami dari alumni agroteknologi khususnya angkatan 2010 berinisiatif untuk mengumpulkan donasi untuk membatu sebagian masyarakat yang betul-betul kurang mampu, apalagi ini berhubungan sudah masuk Bulan Suci Ramadan, ditambah lagi dengan adanya virus corona ini, mudah-mudahan meskipun nilianya tidak seberapa tapi bisa sedikit membantu masyarakat,” ungkapnya.

Katanya, awalnya rencana pembagian paket sembako ini di khususkan kepada masyarakat petani yang terkena dampak virus corona, mengingat adanya wabah virus ini pasti berdampak terhadap penjualan hasil panen karena aktifitas pasar sudah tidak seperti biasanya.

“Untuk itu kami coba bantu sebagian petani di Kelurahan Lalodati, sisanya kami berikan pada pemulung dan kaum dhuafa lainnya yang kami anggap betul-betul layak dibantu. Sekaligus bantuan ini sebagai bahan pelengkap pembuka Ramadan 1441 Hijriah,” urainya.

yamaha

Asri mengaku, sangat berterima kasih kepada seluruh alumni yang sudah turut berpartisipasi dalam kegiatan donasi Covid-19 ini. Meskipun baru saja digagas, ia berharap dimoment-moment lain atau kesempatan lain IAA akan terus berpartisipasi maupun mengawal kebijakan pemerintah khususnya pada sektor pertanian, sebagaimana latar belakang dari ikatan ini.

Hasrul Tamrin, salah satu alumni agroteknologi juga mengatakan hal senada, bahwa bantuan ini sebagai bentuk dukungan terhadap kibijakan pemerintah daerah agar masyarakat terhindar dari penyebaran wabah Covid-19 dianjurkan untuk tetap di rumah dan selalu memakai masker ketika keluar rumah dalam keadaan mendesak.

“Apa yang dianjurkan oleh pemerintah kota saat ini tetap di rumah saja harus didukung oleh semua pihak, kami pikir itu bagian dari kebijakan sebagai langkah pencegahan dan memutus mata rantai terhadap penyebaran virus corona ini, jadi kita harus dukung semua pihak,” katanya.

Dirinya juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu waspada terhadap penyebaran virus mematikan itu dengan tetap memakai masker dan menjaga perilaku hidup sehat dan bersih.

“Kami mengajak kepada teman-teman alumni khususnya angkatan 2010 mari kita mendukung kebijakan pemerintah, memberi contah pada masyarakat lain, dengan tetap memakai masker ketika keluar, tetap jaga jarak ketika berada di keramaian karena penyebaran virus ini bisa kepada siapa saja,” pungkasnya.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.