SUARA

Alumni SMAN 1 Lawa Dorong Pembentukan Provinsi Muna

SULTRAKINI.COM: MUBAR – Ikatan Alumni (IKA) SMAN 1 Lawa mendorong agar pencanangan Provinsi Muna segera dibahas. Hal ini bahkan, telah diagendakan menjadi program kerja khusus IKA.

Ide pembentukan provinsi ini disampaikan Ketua Alumni SMAN 1 Lawa, Hasidin Hali dalam acara ramah tamah alumni di Aula Barugano Lawa, Kelurahan Wamelai, Kecamatan Lawa, Senin (11/7/2016). Hadir dalam acara tersebut, Pj Bupati Muna Barat, Rajiun Tumada beserta jajarannya serta sekitar 500 alumni.

Diungkapkan Hasdin, masyarakat mesti berpikir ketika Buton Raya terbentuk maka akan kemana. Menurutnya, jalan satu satunya harus mampu mendorong Kabupaten Muna menjadi Provinsi, agar masyarakat bisa mandiri dan mendorong masyarakat muna menjadi sejahtera dan hidup layak.

yamaha

Dimintai tanggapan atas rencana pembentukan Provinsi ini, Sekretaris Daerah (Sekda) pemkab Muna Barat, Achmad Lamani menuturkan, ide ini merupakan pemikiran yang sangat luar biasa. “Ini adalah cita cita besar bagi generasi, yang mesti ada tindak lanjut dan kami sebagai pemerintah daerah siap mendukung,” tuturnya.

Ditemui terpisah, Sekretaris Lembaga Studi Tata Ruang dan Infrastruktur yang juga Dosen Geografi UHO, Safrudin Sahar menjelaskan, kita mesti melihat secara umum bahwa pemerintahan hari ini sudah desentralisasi jadi kebutuhan pemekeran wilayah sangat diperlukan.

“Guna kecukupan syarat administrasi di Muna untuk mekar, ada 2 syarat yang mesti di lakukan yaitu adanya usulan dari masyarakat yang diindahkan oleh DPRD Kabupaten, dan kedua siapkan 5 kabupaten. Jadi mau tidak mau Muna harus terus mendukung percepatan pemekaran Kota Raha serta Muna Timur,” jelasnya.

Rencanya, hasil pembicaraan di acara ramah tamah IKA ini, terkait rencana pembentukan Provinsi Muna akan di seminarkan dengan mengundang tokoh besar muna yang ada di luar maupun yang ada di daerah.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.