Iklan Clarion

Amankan Pergantian Tahun di Muna Libatkan Instansi Lintas Sektoral

SULTRAKINI.COM: MUNA – Amankan pergantian tahun 2017 ke 2018 di Muna, kepolisian setempat ikut melibatkan instansi lintas sektoral. Sebanyak 200 orang polisi dari Polres Muna, 31 tentara dari Kodim 1416/Muna, 20 personil Dinas Perhubungan, 30 personil Satuan Polisi Pamong Praja, 7 personil Damkar, 10 personil Senkom serta 50 anak pramuka Saka Bhayangkara merupakan bagian dari Operasi Lilin Anoa 2017 dalam rangka pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2018.

Menjelang tahun baru, kemudian Kepolisian Resor Muna melaksanakan apel gelar pasukan dipusatkan di Tugu Jati Kota Raha, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara pada 31 Desember 2017.

Kapolres Muna, AKBP Agung Ramos Paretongan Sinaga mengatakan apel dimaksudkan untuk menunjukkan kesiapan Polres Muna beserta unsur terkait lainnya dalam penyelenggaraan pengamanan perayaan pergantian tahun baru 2018 sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman serta tercipta lalu lintas yang tertib dan lancar.

“Pergantian tahun merupakan saat yang dinantikan oleh masyarakat di seluruh penjuru dunia. Momen ini selalu identik dengan berbagai kegiatan yang penuh dengan nuansa kegembiraan dan keramaian,” kata Agung Ramos dalam sambutannya, Minggu (31/12/2017) sore.

Menurutnya, kondisi semacam ini akan mengakibatkan terjadinya peningkatan aktivitas dan mobilitas masyarakat yang tentunya berpotensi menimbulkan berbagai permasalahan gangguan keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamsel Tipcar Lantas).

Hal tersebut menuntut peran Polri bersinergi dengan seluruh komponen masyarakat dan instansi lintas sektoral lainnya guna mengantisipasi berbagai potensi kerawanan yang dimungkinkan terjadi.

“Berdasarkan karakteristik kerawanan daerah dan intensitas kegiatan masyarakat maka dalam pelaksanaan pada hari ini terdiri dari gatur persimpangan jalan dan satu titik pengamanan operasi lilin anoa 2017,” jelas Agung Ramos.

Pada kesempatan sama, Dandim 1416/Muna, Letkol Inf. Idris Hasan mengungkapkan sekitar 200 personil dalam pengamanan tahun baru yang tersebar di tiga wilayahnya yakni Kabupaten Muna, Muna Barat dan Buton Utara.

“Kita lakukan pengamanan di markas, melakukan patroli dari Koramil ke Koramil, di titik-titik pelabuhan serta ditempat keramaian,” singkatnya.

Pantauan SultraKini.Com pasukan pengamanan tahun 2018, seluruh peserta apel berpatroli bersama di sepanjang Kota Raha.

Laporan: Arto Rasyid

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.