SUARA

Amankan Pilkada 2017, Polres Buton Siagakan Gegana dan Helikopter

SULTRAKINI.COM: BUSEL – Menghadapi momen pesta demokrsi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2017, Kepolisian Resort (Polres) Buton akan menambah kekuatan personil untuk menjaga keamanan.

Diungkapkan Kapolres Buton, AKBP Andi Herman dalam silaturahmi politik bersama tokoh masyarakat di Kabupaten Buton Selatan, Sabtu (30/7/2017), pihaknya akan menambah personil dari satuan Brigade Mobil (Brimob) maupun Pasukan Pengendali Massa (Dalmas) Polda Sultra.

“Saat ini Satuan Brimob yang siaga di Batauga sekitar 60 personil, dari usulan yang kami ajukan menambah 100 personil lagi, sudah lengkap dengan Gegananya, JiBomnya dan peralatan-peralatannya,” kata AKBP Andi Herman.

Selain itu, kata AKBP Andi Herman akan turut diturunkan juga 100 personil Dalmas Polda Sultra dan beberapa unit kapal dari Polair yang isi armadanya enam orang, berhubung wilayah hukum Polres Buton adalah kepulauan. “Selanjutnya, akan disiagakan Helicopter di Baubau pada saat tahapan pemilhan nanti,” ungkap Andi Herman.

Dijelaskannya juga, kebutuhan personil yang akan disiagakan sudah dalam persiapan dan akan menyesuaikan dengan anggaran yang ada. Dari 334 Jumlah personil Polres Buton yang ada saat ini, sepertiganya disiagakan dalam kegiatan rutin seperti penjagaan dan kegiatan rutin lainnya. Sedangkan untuk pengamanan Pilkada, akan dilibatkan dua pertiga dari jumlah personil yang ada.

yamaha

Sementara itu, dalam pelaksanaan pengamanan Pilkada, personil yang ada akan bagi dua untuk wilayah Buton dan Buton Selatan. “Saat ini personil yang ada di wilayah Buton Selatan hanya berjumlah 60 orang yang diperuntukkan untuk Pengamanan 130 TPS, sisanya kami minta dari Polda untuk tambahannya,” imbuhnya

Sementara itu, AKBP Andi Herman menjelaskan untuk anggaran yang diusulkan dan sebagaimana dipaparkan di DPRD Buton Selatan yakni sebanyak Rp3,7 Milyar. Jumlah tersebut, sesuai dengan tahapan yang dari KPU. Lanjutnya, dalam mengusulkan anggaran, Kepolisian bukan hanya menyebut nominal saja namun ada indeks yang harus dibayarkan, mulai dari jumlah personil, jumlah hari kerja, uang makan, uang saku, kesehatannya dan dukungan Bahan Bakar Minyak.

“Kekurangan personil bukan masalah bagi Polri, dalam artian kalau Polres kurang, tinggal kami minta di Polda. Polda Kurang tinggal Minta ke Mabes. Yang menjadi masalahnya adalah anggaran yang ada menyesuaikan dengan jumlah personil yang ada,” ujar Andi Herman.

Silaturahim Politik yang diinisiasi Polres Buton di Kecamatan Batauga, Kabupaten Buton Selatan ini, merupakan kali kedua dilaksanakan. Sebelumnya, Polres juga melaksanakan agenda yang sama di Kabupaten Buton.

Diungkapkan AKBP Andi Herman, pihaknya sengaja mengambil momen ini, disamping sebagai perkenalan sebagai Kapolres baru untuk dua Kabupaten juga bertujuan untuk menyatukan persepsi dalam pelaksanaan Pilkada serentak di Tahun 2017.

Wilayah Hukum Polres Buton di Kabupaten Buton Selatan memiliki jumlah Penduduk 75.913 jiwa dengan Luas wilayah 326.69 KM persegi. Kendati sampai saat ini masih kondusif, namun Polres tidak mau lengah. “Itu untuk kewaspadaan saja,” kata Andi Herman.

Dijelaskannya juga, kerawanan yang mungkin terjadi bersumber dari pendukung Partai Politik maka AKBP Andi Herman berharap semua pihak untuk berkaca pada Pemilukada yang tidak sukses. “Partai-partai Politik inilah yang memiliki massa pendukung serta mengusung calon kepala daeranya, maka saat ini merekalah yang kami undang,” Pungkas Andi Herman.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.