Anak Divonis Katarak Kongenital, Pasangan Tuna Netra Ini Sedih Kesulitan Operasi

  • Bagikan
Pasangan Tuna Netra, Safiudin bersama istri Wa Harnia saat menggendong kedua buah hatinya yang divonis mengidap Katarak Kongenital atau katarak bawaan. (Foto: Arto Rasyid/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: MUNA – Pasangan tuna netra Safiudin (27) dan Wa Harnia (25) harus menerima kenyataan, mendengar vonis dokter terhadap kedua anaknya mengidap Katarak Kongenital atau katarak bawaan. Penderitaannya bertambah, setelah mengetahui anaknya Anisa Safnia 3,2 tahun serta adiknya Muhammad Rijal 1,7 tahun harus dilakukan operasi demi tidak mengalami kebutaan permanen.

Safiudin dan Wa Harnia hanyalah masyarakat prasejahtera hidup di rumah kos-kosan berukuran 2×2,5 meter di Kelurahan Wamponiki, Kecamatan Katobu, Kabupaten Muna. Untuk menghidupi keluarga, penghasilan sebagai tukang pijat adalah sumbernya.

Sehubungan masalah kesehatan anaknya itu, disampaikan dokter yang menangani Anisa dan Rijal dari Rumah Sakit Umum Daerah Muna. Dokter pun menyaranka,n segera dilakukan operasi melalui surat rujukan di salah satu rumah sakit di Makassar, Sulawesi Selatan pada 24 Juli 2017.

“Dokter menyampaikan kakak (Anisa) mata kanannya positif katarak, kalau adiknya (Rijal) telah ada tanda-tanda. Dokter juga menyarankan segara dirujuk ke rumah sakit Makassar untuk dilakukan operasi secepatnya kalau tidak akan ikut buta,” jelas Safiudin sambil memperlihatkan surat rujukan dari dokter, Kamis (27/7/2017).

Dia semakin kebingungan dan pasrah, keharusan operasi anaknya diberi waktu dua bulan kedepan. Dirinya tidak memiliki uang cukup guna memenuhi proses operasi. Safiudin berharap bantuan dari orang dermawan termasuk pemerintah daerah setempat.

“Cukup kita yang seperti ini (buta), jangan anak kami. Karena kita inginkan keduanya bisa bersekolah seperti anak pada umumnya yang bisa melihat,” katanya dengan nada sedih.

Bagi yang ingin menyalurkan bantuan untuk Anisa Safnia serta adiknya Muhammad Rijal, dapat melalui nomor rekening BNI 0577931114 atas nama Safiudin (ayah kandung Anisa Safnia dan Muhammad Rija).

Laporan: Arto Rasyid

  • Bagikan