Anda Petani, Sudah Waktunya Beralih Ke Pupuk Organik

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Inovasi di dunia pertanian terus digalakan. Salah satu produk yang selalu ditunggu-tungu kehadirannya ialah pupuk tanpa bahan kimia atau pupuk organik. Selain dianggap sehat, pupuk organik juga dianggap punya banyak kelebihan dibanding pupuk kimia lainnya.

 

Kehadiran Pupuk Nasional (Punas) Organik Cair telah menjawab kebutuhan para petani Indonesia. Di Sultra, penggunaan pupuk tersebut juga tengah digalakan. Hasilnya, hingga saat ini sangat memuaskan.

 

CV. Awua Jaya Perkasa, selaku distributor Punas Organik Cair, mengaku sudah menguasai 45 persen kelompok tani di Konawe. Padahal, pihak perusahaan belum lama mempublis keberadaan pupuk organik tersebut ke masyarakat tani.

 

\”Respon masyarakat tani sangat baik terhadap Punas Organik Cair Ini. Selain telah digunakan 45 persen kelompok tani di Konawe, respon dari para pembeli perorangan juga sangat tinggi,\” jelas Aguslan, Pimpinan CV. Awua Jaya Perkasa.

 

Menurut Aguslan, hal yang membuat petani beralih menggunakan Punas Organik Cair ada banyak hal. Pertama, dari sisi kesehatan sangat unggul dibanding pupuk kimia. Kedua, pemakaian Punas bisa memangkas pemakaian pupuk urea pada tanaman sawah. Ketiga, jika telah menggunakan Punas, sudah tak perlu lagi menggunakan jenis pupuk kimia lainnya. Keempat, Punas merupakan pupuk yang juga bisa menangkal hama. Dan yang terakhir, produksi tanaman yang dihasilkan akan berlimpah.

yamaha

 

\”Punas ini selain cocok pada tanaman jangka pendek, juga bisa digunakan pada tanaman jangka panjang. MIisalnya, Cengkeh dan Merica. Tinggal semprotkan saja,\” jelasnya.

 

Lalu, di mana petani bisa memperoleh Punas Organik Cair? Kelompom tani dan perorangan bisa mendapatkannya di CV. Awua Jaya Perkasa di Kelurahan Kasupute, Kecamatan Wawotobi, Kabupaten Konawe. Harganya cukup terjangkau, hanya Rp 65 ribu per botol. Tiga botolnya sudah bisa memupuk hingga 1 Ha.

 

\”Kami adalah satu-satunya distributor Punas di Sultra. Dan barang kami ini berlogo SNI, yang secara kualitas tidak diragukan lagi. Saat ini kami juga tengah ekspansi di Buton, Muna, Buton Selatan dan Buton Tengah. Target kami bisa menjangkau semua wilayah Sultra,\” terangnya.

 

Aguslan menambahkan,keunggulan lain yang ditawarkan manajemen CV.Awua Jaya Perkasa adalah bisa memberikan kompensasi bagi kelompok tani yang butuh Punas tapi belum punya uang.

 

\”Untuk kelompok tani, kami bisa kasi kompensasi. Punasnya bisa diambil dan nanti dibayar setelah panen. Ini adalah bagian dari upaya kami untuk mendorong peran aktif kelompok tani,\” tandasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.