SUARA

AndiI Nirwana Sosialisi Pilar Kebangsaan di Bombana


SULTRAKINI.COM: BOMBANA – Anggota DPD RI, Andi Nirwana, kembali menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan di wilayah Sulawesi Tenggara. Sosialisasi kali ini digelar di Kabupaten Bombana dengan menggait ibu pengurus PKK di 22 kecamatan sebagai peserta.

Sosialisasi digelar dengan protokol kesehatan covid-19.  Peserta menggunakan masker dengan jarak satu meter setengah satu sama lain.  Tidak cuma itu, peserta luar Rumbia, Ibukota Kabupaten Bonbana dapat menikmati sosialisasi dengan gunakan perangkat teknologi  virtual (Video conference)

Dalam sambutannya, Mantan anggota DPRD Bombana itu, mengajak peserta senantiasa menjaga nilai empat Pilar Kebangsaan. Yakni, Pancasila, UUD 45, NKRI serta Bhinneka Tunggal Ika. 

Dikatakan, empat pilar itu merupakan warisan dasar Bangsa Indonesia dalam menyangga keutuhan sebagai negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Andi Nirwana mengatakan sosialisasi akan nilai empat pilar itu penting dilakukan untuk menanamkan kesadaran publik tentang konsep berbangsa dan bernegara.

“Membangun Indonesia maju itu memerlukan komitmen kebangsaan yang kuat. Kita harus mengamalkan nilai empat pilar Kebangsaan kita, sebagai pedoman atau tiang penyangga dalam berbangsa dan bernegara,” paparnya.

yamaha

Dihadapan pengurus PKK Bombana,  anggota Komite III DPD RI itu, lebih menyederhanakan nilai pilar kebangsaan itu dalam kehidupan kongkrit sehari hari. 

Diantaranya, kiat para PKK Bombana dalam mewujudkan karya 10 program PKK. “Nilai pancasila terkandung didalamnya.  Apalagi  program pertama di 10 Program PKK itu adalah penghayatan dan pengalaman pancasila,” ujar Andi Nirwana.

Istri Bupati Bombana itu juga mengingatkan bahwa diera pandemi Covid 19 ini, dibutuhkan nilai nilai kemanusiaan, seperti tumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan serta gotong royong yang kuat antar sesama.

“Kita mesti peduli dan berempati kepada sesama. Tumbuhkan sikap gotong royong, bahu-membahu. Apalagi di musim Covid 19 yang kita hadapi saat ini,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Bombana, H Tafdil dalam sambutannya mengatakan sosialisasi empat pilar ini sangatlah penting dilakukan. Bahkan jangan hanya sekali saja dilakukan, tapi harus berkali-kali karena ini sangat penting ditanamkan dimana diketahui nilai pancasila kini dapat dengan mudah pudar diera modern ini.

“Sosialisasi sangatlah penting diera modern seperti ini, karena sangatlah mudah dipengaruhi-pengaruhi sesuatu hal yang bisa melunturkan nilai Pancasila dan juga kecintaan kita terhadap tanah air kita sendiri,” tutupnya.

Laporan: Badar
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.