Anggaran Tahapan Pilkada Konawe Siap, Ini Penjelasan Ketua KPUD

  • Bagikan
Ketua KPUD Konawe, Sarmadan (Foto: Mas Jaya/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Konawe akan dimulai. Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe hanya tinggal menunggu realisasi penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) dengan pihak Pemerintah Daerah.

Ketua KPUD Konawe, Sarmadan menuturkan, terkait persiapan pelaksanan tahapan Pilkada, pihaknya sudah banyak melakukan rapat koordinasi dengam pihak terkait. Mulai dari rapat di kementerian hingga rapat bersama Pemda Konawe.

“Rakor yang terakhir kami lakukan tanggal 3 Juli kemarin. Itu terkait persiapan penandatanganan NPHD,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (6/7/2017).

Menurut Sarmadan, penandatanganan NPHD bakal dilakukan secepatnya. Kalau bukan akhir pekan ini maka dilakukan awal pekan depan. “Kalau bukan Jumat besok (7/7/2017), kemungkinan awal pekan depan. Makanya kami tetap menunggu dari pihak Pemda,” jelasnya.Terkait angka final jumlah anggaran yang disetujui Pemda Konawe untuk Pilkada, Sarmadan mengaku belum bisa mengeluarkan rilis resminya. Kata dia, nominal resmi akan diumumkan setelah penandatanganan NPHD.

Lalu, adakah sejumlah kegiatan tahapan di KPUD yang molor akibat belum ditandatanganinya NPHD? Sarmadan menjawab jika semuanya bisa dikondisikan. Artinya, akan ada penyusuaian jadwal sejumlah kegiatan seperti sosialisasi setelah NPHD diteken.

“Untuk kategori keterlambatan tidak ada, hanya akan ada penyesuaian kegiatan tahapan, seperti sosialisasi. Sebab anggarannya masuk dalam NPHD yang akan ditandatangani itu,” terang Sarmadan.

Dia meyakinkan anggaran Pilkada dari Pemda Konawe sudah siap. Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa telah memerintahkan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Konawe, Ferdinan untuk menyiapkan dana tersebut.

“Kalau anggaran Insya Allah dari pemda siap. Tinggal menunggu penandatanganan NPHD saja,” tandasnya.KPUD Konawe awalnya mengusulkan anggaran hingga Rp17 miliar untuk penyelenggaraan Pilkada Konawe. Namun setelah dilakukan pengkajian, anggaran turun menjadi Rp15 miliar. Dana inilah yang digadang-gadang bakal ditetapkan untuk membiayai Pilkada 2018 mendatang.

Laporan: Mas Jaya

  • Bagikan