Anggota Babinkamtibnas Wawonii Selatan Ajak Warga Bangun Jembatan Darurat. Ini Hasilnya…

SULTRAKINI.COM- Daerah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) masih jauh dari kata sentuhan pembangunan. Meski sudah berstatus kabupaten selama tiga tahun namun bukan berarti kebutuhan dasar pembangunan sudah terpenuhi. Buktinya di Kecamatan Wawonii Selatan (Wansel) masih jauh dari sentuhan pembangunan. Meski sudah dibuka ruas jalan lingkar namun fasilitas penunjang jalan seperti pembangunan jembatan belum bisa terlealisasi.

 

Melihat kondisi ini, salah satu anggota Polsek Wawonii, Bripka Haryanto mencoba membangun komunikasi bersama pemerintah kecamatan dan desa untuk membangun jembatan yang jadi kebutuhan dasar dalam beraktifitas. Hasilnya cukup memuaskan, dari 16 jembatan yang jadi target pengerjaan, telah tuntas 9 jembatan yang dikerja secara swadaya.

 

Bripka Haryanto dipercayakan menjadi Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibnas) di Wansel sejak awal tahun 2016. \”Jadi wilayah yang jadi pengawasan saya ada empat desa. Pertama desa Bobolio, Wawouso, Puwatu dan Desa Lawey serta masih ada juga desa pemekaran lainnya. Memang salah satu tugas Babinkamtibnas yakni mampu mendeteksi apa yang jadi kebutuhan masyarakat, lalu kemudian bergerak bersama melakukan upaya pembangunan. Nah, jembatan yang kami bangun selama empat hari telah tuntas 9 jembatan dan masih ada lagi beberapa jembatan yang belum tuntas. Diameter jembatan cukup berpariasi ada yang ukuran 4 meter sampai 12 meter,\” jelasnya saat ditemui usai pengukuhan Pj Kades yang dilakukan bupati Konkep, Amrullah.

yamaha

 

Haryanto mengakui bahwa daerah Wansel masih terisolir karena belum tersentuh lampu penerangan PLN dan juga sinyal telekomunikasi. Apalagi berbicara infrastruktur jalan masih jauh dari kata memadai. \”Kita tau sendiri bahwa pembukaan jalan lingkar saja belum lama ini dikerja dan ini belum ada sentuhan pembangunan jembatan,\” terangnya.

 

Sementara Camat Wansel, Rafiudin membenarkan hal ini. Diakuinya, memang berkat dorongan pak Haryanto jalan jembatan yang jadi kebutuhan dasar dalam melakukan aktifitas berkebun dan juga banyak dilalui warga kecamatan lainnya sudah bisa dilalui dengan mudah. \”Sebelumnya jembatan sudah pada rusak dan cukup mengkhawatirkan dan mengancam nyawa jika dilalui.

 

\”Sehingga berkat kerja sama warga dan dikomandai pak Haryanto, alhamdulillah sudah ada 9 jembatan tuntas dikerja,\” tegasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.