Iklan Clarion

Anggota Pecinta Alam UHO Meninggal Usai Evakuasi 12 Pendaki

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Salah seorang tim gabungan penyelamat pendaki di Gunung Mekongga dikabarkan meninggal dunia (2/5/2019). Husnawati Tompo (30) warga Kabupaten Muna meninggal karena tersesat empat hari di gunung tersebut.

Almarhumah merupakan anggota pecinta alam Kelompok pencinta Alam (Kepal) Sultra. Kabar tersesatnya pendaki ini pada 29 April 2019.

Kepala Pos SAR Kolaka, Asep, menerangkan awalnya Husnawati bersama tim rescue hendak menyeberangi sungai menggunakan tali di penyeberagan ketiga. Tidak kuat menahan arus sungai, korban dan dua lainnya termasuk anggota SAR Harlan terhanyut. Namun hanya Husnawati yang tidak tertolong.

“Korban dan tim gabungan lain sekira jam 12.00 Wita menyeberang sungai menggunakan tali, tetapi arus yang kuat pegangan korban dan dua rekan lainya terlepas, sempat ditolong oleh anggota SAR lain, dikejar
dan didapat tetapi pada saat itu kan arusnya kuat akhirnya terlepas lagi. Setelah berusaha
korban akhirnya berhasil dievakuasi, tetapi nyawanya tak tertolong lagi,” jelas Asep (2/5/2019).

Mahasiswa S2 Universitas Halu Oleo ini, sempat menerima pertolongan pertama dari tim gabungan lain dan dilarikan ke Puskesmas Kecamatan Wawo. Tetapi, kondisi korban yang diduga kepalanya terbentur dan menelan banyak air, akhirnya menghembuskan napas terakhir.

“Akan langsung dibawa ke Kendari untuk diserahkan kepada keluarga korban,” lanjutnya.

Almarhumah diketahui mengikuti tim evakuasi 12 pendaki yang tersesat di Gunung Menkongga beberapa waktu lalu.

Almarhumah juga sempat ikut mendaki di gunung tersebut. Ketika para pendaki ditemukan dengan selamat dan dilakukan evakuasi melewati sungai, justru korban mengalami insiden yang berujung meninggal dunia.

Laporan: Zulfikar & Wayan Sukanta
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.