Animo Masyarakat Tinggi, Pengunjung Pameran Pangan HPS ke-39 Capai 82.975 Orang

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Animo masyarakat sangat tinggi terhadap perhelatan Hari Pangan Seduia ke-39 di Provinsi Sulawesi Tenggara. Hal ini terlihat dari antusias masyarakat Sultra yang mengunjungi stand pameran pangan di kawasan Eks MTQ Kendari yang mencapai puluhan ribu orang.

Berdasarkan data panitia event organizer (EO) pameran pangan HPS ke-39, tercatat total pengunjung dari 2-4 November 2019 sebanyak 82.975 orang.

Hari pertama dan kedua tingkat kunjungan pameran mencapai rata-rata 20 ribu orang. Sedangkan, jumlah pengunjung di hari ketiga hingga pukul 22.00 Wita adalah 23.114 orang.

Keramaian Pameran Pangan HPS ke-39 di kawasan Eks MTQ Kendari,Senin (4/11/2019). (Foto: Dok.Sultrakini.com)
Keramaian Pameran Pangan HPS ke-39 di kawasan Eks MTQ Kendari,Senin (4/11/2019). (Foto: Dok.Sultrakini.com)

 

Antusiasme masyarakat ini berdampak pada transaksi keuangan yang meningkat. Total transaksi hingga hari ketiga pameran pangan senilai Rp 8.015 miliar. Angka tersebut melebihi angka HPS ke-38 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

yamaha

Tidak hanya pengunjung dari Sultra, pameran HPS datang dari luar daerah Sultra. Tercatat sebanyak 2.500 pengunjung luar daerah Sultra meriahnya acara tersebut.

“Sesuai penyampaian EO, ini merupakan pameran terbesar HPS, belum pernah terjadi se-Indonesia. Belum pernah terjadi 266 stan yang bisa menghasilkan hingga 200 juta perhari. Jadi masyarakat Sultra harus bangga dan kami melihat juga animo masyarakat sampai malam, sampai macet. Jadi ini luar biasa,” ucap Kepala Subdirektorat Data dan Kelembagaan Perlindungan Pangan Hortikultura Kementan RI, Muh. Agung Sunusi, Selasa (5/11/2019).

Agung menambahkan, tingginya antusias masyarakat disebabkan karena HPS dikemas secara menarik, dari segi promosi juga masing-masing daerah tidak mau kalah dalam memamerkan produk unggulan terbaiknya dan di Kendari jarang ada event internasional seperti HPS.

Untuk diketahui, dari 34 provinsi se-Indonesia, HPS ke-39 dihadiri 16 gubernur dan wakil gubernur se-Indonesia, 16 duta besar internasional, dan enam lembaga internasional.

Laporan: Nely & Ade Putri
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.