Anjing di Kota Kendari Mulai Gencar Divaksinasi Rabies

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Kendari gencar melakukan vaksin anjing di lingkungan masyarakat. Tindakan demikian demi mencegah munculnya penyakit rabies pada anjing.

Vaksin diberikan di setiap rumah warga yang memiliki anjing di Kota Kendari. Agenda ini berlangsung sejak seminggu, agar masyarakat lebih aman dan nyaman terhadap adanya anjing di lingkunga mereka.

“Vaksin ini gratis, warga yang memiliki hewan peliharaan silakan melapor di Distanak Kota Kendari,” ucap Siti Ganef selaku kepala dinas, Selasa (14/5/2019).

Ganef mengaku, pemberian vaksinasi dilakukan oleh dua dokter hewan. Tugas mereka keliling mencari rumah warga yang memiliki peliharaan anjing untuk di-vaksin

“Vaksin anjing peliharaan ini dimulai minggu lalu,” jelasnya.

yamaha

Pihaknya mengimbau sekaligus meminta kepada masyarakat ikut mencegah penularan rabies dengan cara emberikan vaksin kepada anjing peliharaannya di Kantor Distanak Kota Kendari.

“Penyakit rabies itu selain berbahaya bagi hewan ternak khususnya anjing, juga berbahaya bagi manusia,” tambahnya.

Dilansir dari Hellosehat.com, Rabies sering disebut penyakit anjing gila disebabkan virus yang mempengaruhi otak serta sumsum tulang belakang semua mamalia.

Tanda-tanda anjing terinfeksi rabies, yakni hewan tersebut lebih ganas. Tetapi tidak selamanya ganas hewan itu dikatakan rabies. Kadang kala hewan terlihat ramah, jinak, atau bingung. Seiring perkembangan virus, anjing nampak sensitif terhadap sentuhan, cahaya, dan suara.(Adv)

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.