ANTAM Gelar Workshop Pengembangan Kemasan Produk UKM

  • Bagikan
NTAM UBPN Sultra menggelar kegiatan workshop pengembangan kemasan produk UKM bekerjasa sama dengan D&D Indonesia. Foto: Antam

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – ANTAM UBPN Sultra menggelar kegiatan workshop pengembangan kemasan produk UKM bekerjasa sama dengan D&D Indonesia, salah satu perusahaan konsultan kemasan produk UKM kepada mitra binaan ANTAM yang dilaksanakan di Pondok Huko-Huko, 8 hingga 9 Nopember 2016.

Aji Priyo, Plh VP HC and CSR, dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu program CSR UBPN Sultra. Dijelaskan, salah satu kendala yang dihadapi UMKM dalam memasarkan produknya adalah kemasan yang menarik.

“Hal ini seringkali kurang disadari oleh sebagian besar pelaku UKM kita, umumnya mereka tidak sadar atau kurang memahami bahwa kemasan yang baik dan menarik akan mendatangkan nilai lebih pada produk yang dijual” ujarnya.

Lebih jauh dijelaskan, saat ini produk-produk olahan yang dihasilkan pelaku usaha kecil menengah masih banyak yang belum memerhatikan kemasan produknya. Akibatnya sejumlah produk yang sebenarnya memiliki nilai jual tinggi/bermutu menjadi tidak laku dipasaran. 

“Kendala lainnya adalah pelaku UMKM tidak mengetahui harus kemana jika ingin membuat kemasan yang menarik dan menjual, dan tidak adanya unit usaha yang melayani pembelian kemasan dalam partai kecil. Selain itu sangat sulit meyakinkan UMKM bahwa kemasan yang baik dan kreatif bisa meningkatkan keuntungan”, ungkapnya.

Muhammad Rusdan, CSR Manager, mengatakan, tujuan dari pelaksanaan pelatihan, adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang Pentingnya Kemasan Untuk Meningkatkan nilai tambah produk dan dapat diterapkan langsung untuk usaha UMKM.

“Program ini juga sejalan dengan master plan CSR Antam yaitu memberikan nilai tambah bagi masyarakat dan peningkatan pembangunan ekonomi, sosial dan lingkungan yang berkelanjutan” ungkapnya. 

Pamiluddin Abdullah, External Relation Manager, mengatakan “melalui kegiatan yang semacam ini, akan tercipta dan terwujud UKM yang berdaya-saing dan menjadi tulang punggung perekonomian keluarga dan masyarakat yang memiliki daya tahan tinggi menghadapi berbagai tantangan di depan. 

Suparmin, salah seorang peserta UKM, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat positif dan membantu kami para pelaku UKM untuk bisa menciptakan satu produk UKM yang memiliki kemasan yang menarik dan dapat diterima pasar, harapannya kedepan kegiatan yang serupa terus dilaksanakan untuk menciptakan pelaku UKM yang profesional. 

  • Bagikan